Laga Liga Inggris yang Bisa Terganggu Bentrokan Akhir Pekan Ini di London

Gilabola.com – Sudah tahu Liga Inggris akhir pekan ini bisa tertunda gara-gara bentrokan dua kelompok pedemo di kota London? Akan ada demo pro-Palestina besar-besaran, namun rencana itu tidak disambut baik oleh kaum ultras sepak bola yang merasa itu merusak acara Remembrance Day.

Beredar undangan melalui media sosial yang sedikit memprovokasi, mengatakan bahwa demo pro-Palestina yang akan diikuti ribuan, mungkin puluhan ribu orang, di pusat kota London pada Sabtu 11 November 2023, menghina perayaan Remembrance Day yang jatuh pada hari yang sama.

Apa Sih Remembrance Day?

Semacam perayaan Hari Pahlawan 10 November kalau di Indonesia. Tapi atmosfernya dan nuansa politiknya lebih mirip ke Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, dengan semua orang yang tidak setuju akan dikategorikan sebagai “komunis” atau “bersimpati pada PKI”.

Provokasi semacam inilah yang beredar saat ini di media sosial dan sayangnya dimotori oleh ultras klub-klub sepak bola di kota London, mengatakan mereka akan melindungi monumen Cenotaph, sebuah kubur kosong di kota London yang didirikan guna mengingat jasa para pahlawan, dari para pedemo pro-Palestina.

Jarak Hooligan Sepak Bola dan Pedemo Palestina Hanya Terpisahkan 3 Kilometer

Anda bisa melihat jarak lokasi tempat berkumpulnya demonstrasi pro-Palestina di Marble Arch dan lokasi berkumpulnya kelompok hooligan sepak bola di Embankment Station.

Kedua lokasi ini hanya terpisahkan kira-kira tiga kilometer jauhnya dan 41 atau 42 menit berjalan kaki. Lokasi yang berdekatan ini sangat berpotensi pecah menjadi sebuah kerusuhan yang bisa merusak akhir pekan Liga Inggris.

Marble Arch ke Embankment station hanya 47 menit

Laga Liga Inggris Mana Saja yang Terancam Batal?

Di hari Sabtu (11/11) sore itu ada dua pertandingan di kota London. Crystal Palace akan menjamu Everton pada pukul 15.00 waktu lokal di Selhurst Park.

Juga pertandingan Arsenal kontra Burnley di Emirates Stadium yang dimulai pada jam yang sama, 15.00 waktu setempat.

Jika dua kelompok itu saling bertemu di jalanan dan saling memprovokasi maka ratusan petugas polisi yang sudah didatangkan dari kota-kota di sekitar London tidak akan bisa mencegahnya. Dua laga itu dipastikan akan tertunda jika hal terburuk itu terjadi.

Pada hari Minggu ada dua pertandingan lain di kota London, yakni West Ham vs Nottingham Forest pada pukul 14.00 waktu lokal dan Chelsea menyambut kedatangan Manchester City selang dua setengah jam kemudian di Stamford Bridge. Kita tidak berharap ada kerusuhan lanjutan pada hari Minggu (12/11).

Pedemo pro-Palestina akan melakukan marching dari Marble Arch ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Nine Elms Lane yang terletak di pinggir Sungai Thames.

Demo pro Palestina dari Marble Arch to US Embassy

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!