Nasib Luis Diaz di Liverpool Bergantung Pada Kontrak Mohamed Salah

Gila Bola –┬áLuis Diaz dilaporkan akan dijual oleh Liverpool di bursa transfer musim panas ini, namun keputusan untuk menjual pemain asal Kolombia tergantung pada keputusan transfer Mohamed Salah.

Liverpool mulai akan menerima tawaran transfer untuk Luis Diaz, dan sang pemain asal Kolombia tersebut sudah menarik minat dari klub-klub Spanyol, sementara sebuah laporan mengklaim bahwa Diaz bisa menjadi yang ketiga dari tiga pemain utama yang keluar pada musim panas nanti.

Luis Diaz vs Sadio Mane

Liverpool bergerak enam bulan lebih awal untuk mendatangkan Luis Diaz pada jendela transfer Januari 2022 saat mendapat persaingan dari Tottenham. The Reds awalnya berharap untuk menunggu hingga musim panas berikutnya sebelum melakukan kesepakatan dengan FC Porto. Namun, ketertarikan Tottenham terhadap pemain tersebut membuat Liverpool bergerak lebih cepat.

Diaz dibeli dengan harga nyaris satu triliun rupiah termasuk tambahan dan dengan cepat telah menjelma menjadi pemain favorit penggemar karena determinasinya dan semangatnya untuk menang.

KompetisiBermainGolAssist
Liga Inggris2563
Carabao Cup410
Liga Europa420
Liga Champions310
Community Shield100

Pemain asal Kolombia itu belum sepenuhnya menunjukkan performa terbaiknya dibandingkan dengan pemain pemain yang ia gantikan posisinya di Liverpool, yaitu Sadio Mane. Namun, Diaz tetap menjadi komponen kunci dalam skuad dan starting eleven Liverpool.

Oleh karena itu, sangat mengejutkan saat kami membaca berita The Sun melaporkan bahwa Liverpool siap mendengarkan tawaran untuk pemain berusia 27 tahun tersebut.

Soal alasan kenapa Liverpool ingin menjual Luis Diaz, diklaim bahwa banyaknya pemain penyerang di skuad Jurgen Klopp membuat pihak klub yakin bahwa menjual Diaz dengan meraup keuntungan tidak akan terlalu merugikan.

Lebih lanjut, pakar transfer Fabrizio Romano telah mengatakan bahwa Liverpool akan mencari winger baru pada musim panas ini dan Pedro Neto dari Wolves sedang dipantau.

Kontrak Mohamed Salah Penentu Nasib Luis Diaz

Pertanyaan yang jelas adalah apa artinya ini untuk Mohamed Salah? Memang, pemain asal Mesir itu telah sangat dikaitkan dengan kepindahannya ke Arab Saudi namun kehilangan Salah dan Diaz pada waktu yang bersamaan jelas akan menjadi bencana bagi Liverpool.

The Sun melaporkan bahwa masa depan Diaz masih terkait dengan Salah, dan Liverpool hanya bersedia melepas Luis Diaz jika Mohamed Salah sudah menandatangani kontrak baru.

Dengan tujuan tersebut, diklaim bahwa kontrak baru untuk Salah dan bek Trent Alexander-Arnold dan Virgil van Dijk telah menjadi prioritas klub saat ini. Ketiganya akan habis kontraknya pada akhir musim 2024/25.

Liverpool menyadari bahwa mereka harus menunjuk direktur olahraga baru sebelum pembicaraan dengan trio tersebut benar-benar bisa dilakukan.

Laporan tersebut menyatakan bahwa Liverpool mengharapkan untuk menunjuk pengganti Jorg Scmadtke dalam beberapa pekan ke depan. Upaya kedua untuk mempekerjakan kembali Michael Edwards sedang dilakukan, meskipun Edwards belum menunjukkan keinginan untuk kembali.

Salah satu jalur yang bisa dijelajahi Liverpool dalam upaya untuk menggaet kembali Edwards adalah dengan menciptakan posisi baru yang mendominasi yaitu chief football officer. Edwards pada dasarnya akan diberikan kendali sepenuhnya atas olahraga klub dan akan menjadi suara utama dalam menunjuk direktur olahraga yang akan melapor langsung kepada dia.

Pemutusan Kontrak Matip dan Thiago

Selain Luis Diaz, dua nama pemain Liverpool lainnya, Joel Matip dan Thiago Alcantara, juga berada dalam daftar untuk meninggalkan Liverpool pada akhir musim.

Kedua pemain akan habis kontrak pada musim panas dan menurut laporan tersebut, tidak akan ditawarkan perpanjangan. Matip dan Thiago sama-sama sering mengalami cedera.

Diperkirakan Matip tidak akan bermain lagi musim ini hingga pulih dari operasi ACL. Sementara itu, Thiago hanya tampil sekali musim ini (sebagai cameo singkat melawan Arsenal dari bangku cadangan) dan menderita cedera otot dalam pertandingan tersebut.

Jurgen Klopp baru-baru ini mengisyaratkan bahwa musim Thiago sudah berakhir, dan dengan demikian karirnya di Liverpool pun juga mungkin telah berakhir.