Seragamnya Mirip-mirip, Tiga Tim Liga Inggris Ini Bisa Menipu Mata

Gila Bola – Harus ekstra waspada menulis laporan soal pertandingan tiga tim Liga Inggris ini, Burnley, Aston Villa dan West Ham United, terutama ketika saling berhadapan satu sama lain. Lihat saja, warnanya mirip kan satu sama lain.

Beruntung ada ketentuan bahwa tim kandang boleh memilih jersey mereka, dan sebagian besar akan memilih jersey utama atau jersey kandang, sementara tim tandang harus mengalah dengan mengenakan jersey kedua atau ketiganya.

Hal ini terjadi dalam laga Burnley vs Aston Villa pada Minggu malam (27/8), ketika dua gol Matty Cash membawa tim tamu unggul saat turun minum.

Bilamana kita menyaksikan cuplikan gol-golnya, setiap kali pula mata kita akan tertipu sejenak karena seragam yang biasa dikenakan skuad Unai Emery kini seperti berganti pemilik.

Satu musim Burnley diasingkan ke divisi Championship sudah cukup untuk membuat kita meyakini seragam claret (merah tua) dan biru muda bukan milik mereka lagi, yang bukan demikian halnya.

Tiga tim ini, Burnley, Aston Villa dan West Ham memang memiliki seragam yang mirip warna dan polanya, apalagi jika hanya melihat dari jarak jauh seperti dari tayangan televisi.

Siapa Pemilik Pertama Jersey Warna Claret dan Biru Muda?

Aston Villa adalah yang pertama mengenakan warna kombinasi merah tua dan biru muda ini. Anggota klub melakukan voting pada 1888 untuk pilihan warna ini.

Burnley adalah yang kedua mengadopsi warna yang sama pada tahun 1910, waktu itu dengan maksud menularkan kesuksesan tim Aston Villa ke dalam skuadnya.

West Ham United adalah yang terakhir. Bukan karena ingin menirukan kesuksesan Aston Villa seperti motif Burnley, namun karena warna yang sama merupakan identitas pabrik pendiri klub sepak bola ini.

The Thames Ironworks and Shipbuilding Company Limited, yang berada di mulut sungai Thames di London sebelah timur, adalah pabrik yang memproduksi kapal perang. Mereka adalah pendiri klub West Ham pertama kali.

Itu sebabnya identitas atau crest klub ini diwakili oleh lambang dua palu besi dan julukan mereka adalah the Hammers atau belakangan ini, the Irons.

The Clarets di sisi lain merupakan julukan bagi Burnley, tim yang malam ini tengah tertinggal 1-2 oleh Aston Villa.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!