Susunan Pemain Jurgen Klopp Pertama Kali di Liverpool, Di Mana Mereka Kini?

Jurgen Klopp bersiap untuk berpisah sebagai manajer legendaris Liverpool. Susunan pemain untuk pertandingan terakhirnya musim 2023/2024 akan sangat berbeda dari susunan pemain pertamanya sembilan tahun lalu.

Banyak hal telah berubah selama sembilan tahun kepemimpinan Jürgen Klopp di Liverpool. Pelatih asal Jerman itu akan meninggalkan Anfield setelah pertandingan terakhir melawan Wolverhampton, yang diprediksi akan menjadi perpisahan yang emosional.

Klopp telah meraih beberapa kesuksesan di Anfield, memenangkan Premier League dan Liga Champions, dan akan dikenang sebagai salah satu manajer terhebat klub sepanjang masa. Hanya sedikit yang bisa memprediksi bagaimana perjalanan karirnya akan berakhir ketika dia pertama kali ditunjuk pada Oktober 2015.

Pelatih asal Jerman tersebut mengambil alih posisi Brendan Rodgers saat Liverpool berada di peringkat 10 klasemen Liga Inggris, setelah sebelumnya hanya finis di peringkat keenam di akhir musim sebelumnya. Laga pertamanya adalah tandang ke White Hart Lane untuk menghadapi Tottenham.

Klopp hanya melakukan dua perubahan pada susunan pemain terakhir Rodgers, tetapi Liverpool menunjukkan peningkatan performa yang jauh berbeda dan berhasil membawa pulang satu poin.

Berikut adalah susunan pemain dari pertandingan pembuka Klopp dan apa yang terjadi pada para pemain tersebut, dengan transisi ke tim utama terakhirnya terlihat jelas saat ini.

Starting XI Pertama Jurgen Klopp di Liverpool

Tottenham vs Liverpool, 17 Oktober 2015Posisi
Simon MignoletKiper
Nathaniel ClyneBek Kanan
Martin ŠkrtelBek Tengah
Mamadou SakhoBek Tengah
Alberto MorenoBek Kiri
Lucas LeivaGelandang Tengah
Emre CanGelandang Tengah
James MilnerSayap Kanan
Philippe CoutinhoGelandang Serang
Adam LallanaSayap Kiri

Simon Mignolet (Kiper)

Mignolet meninggalkan Liverpool pada 2018 setelah Klopp memutuskan untuk mendatangkan Alisson sebagai kiper nomor satu barunya. Kiper Belgia itu kembali ke tanah kelahirannya bersama Club Brugge dengan nilai transfer $8 juta (£6,4 juta/€7,5 juta) dan masih bermain di usia 36 tahun.

Dia telah memenangkan tiga gelar Liga Pro Belgia bersama klub tersebut dan berpeluang mengakhiri musim ini dengan gelar lainnya, dengan Brugge bertarung di play-off Kejuaraan.

Nathaniel Clyne (Bek Kanan)

Mantan pemain internasional Inggris Clyne berada di Liverpool hingga 2020 tetapi kesulitan mendapatkan kesempatan bermain setelah munculnya Trent Alexander-Arnold. Dia hanya membuat 10 penampilan dalam tiga musim bersama klub.

Clyne, yang kini berusia 33 tahun, bergabung kembali dengan Crystal Palace dengan status bebas transfer dan terus tampil baik di Liga Premier. Kontraknya akan habis musim panas ini tetapi dia telah tampil mengesankan di bawah bos baru Oliver Glasner.

Martin Škrtel (Bek Tengah)

Škrtel meninggalkan Liverpool pada akhir musim pertama Klopp dan pindah ke Turki untuk bergabung dengan Fenerbahçe. Dia kemudian bergabung dengan rival sekota, İstanbul Başakşehir, dan membantu klub tersebut meraih gelar liga pertamanya. Bek tengah ini mengakhiri karier bermainnya di Slovakia bersama Spartak Trnava dan sejak itu kembali ke Anfield untuk bermain di pertandingan Legenda.

Mamadou Sakho (Bek Tengah)

Karier bek Prancis di Anfield berakhir buruk setelah dia dipulangkan dari tur pramusim di Amerika Serikat. Dia kemudian bergabung dengan Crystal Palace dan menghabiskan empat tahun di klub tersebut sebelum pindah ke Montpellier.

Sakho meninggalkan klub Ligue 1 itu pada November tahun lalu setelah pertengkaran di tempat latihan dengan manajer Michel Der Zakarian dan belum mendapatkan kontrak baru di tempat lain.

Alberto Moreno (Bek Kiri)

Moreno masih bersama Villarreal, setelah bergabung dengan tim La Liga itu ketika dia meninggalkan Liverpool pada 2019. Dia hanya membuat beberapa penampilan di musim terakhirnya di Anfield dan dibebaskan kontraknya.

Dia mencetak gol dalam adu penalti kemenangan Villarreal di final Liga Europa pada 2021 tetapi kontraknya akan habis musim panas ini dan belum menandatangani perpanjangan kontrak.

Lucas Leiva (Gelandang Tengah)

Lucas adalah pemain reguler di musim pertama Klopp di Anfield sebelum berangkat ke Lazio pada 2017. Selama waktunya di Italia, dia membantu tim Serie A tersebut memenangkan Coppa Italia sebelum kembali ke klub masa kecilnya Gremio. Gelandang Brasil itu pensiun pada Maret 2023 setelah pemindaian menunjukkan bekas luka di jantungnya.

Emre Can (Gelandang Tengah)

Emre Can dan Jurgen Klopp

Gelandang Jerman Can akan memimpin Borussia Dortmund di final Liga Champions melawan Real Madrid akhir bulan ini. Dia meninggalkan Anfield dengan status bebas transfer pada 2018 untuk bergabung dengan Juventus tetapi waktunya di Italia tidak berjalan mulus.

Dia kembali ke tanah kelahirannya bersama Dortmund pada 2020 dan tampil dalam performa yang sangat baik bersama tim Bundesliga tersebut. Dia juga diprediksi akan tampil di Kejuaraan Eropa musim panas ini.

James Milner (Sayap Kanan)

Milner baru saja menandatangani kontrak baru dengan Brighton, membuatnya tetap di Liga Premier sampai setelah ulang tahun ke-39nya. Mantan gelandang Inggris ini adalah kunci kesuksesan Liverpool di bawah Klopp, bermain di berbagai posisi berbeda.

Dia pergi dengan status bebas transfer pada akhir musim lalu dan menandatangani kontrak dengan Brighton secara gratis. Milner tampaknya akan memecahkan rekor penampilan Liga Premier sepanjang masa Gareth Barry musim depan.

Philippe Coutinho (Gelandang Serang)

Di usianya yang baru 31 tahun, perjalanan karier Coutinho justru tidak berjalan mulus sejak meninggalkan Liverpool pada 2018. Ia bergabung Barcelona dengan biaya fantastis $177 juta (£140 juta/€163 juta). Meski sempat bersinar di awal, ia kemudian dipinjamkan ke Bayern Munich.

Pemain Brasil ini juga pernah dipinjamkan ke Aston Villa sebelum akhirnya dibeli secara permanen. Sayangnya, ia tak masuk dalam rencana Unai Emery. Musim ini, Coutinho bermain untuk Al-Duhail di Qatar dan kemungkinan besar akan dijual pada bursa transfer musim panas mendatang.

Adam Lallana (Sayap Kiri)

Adam Lallana dan Jurgen Klopp

Di Liverpool, karier Lallana diganggu oleh cedera. Ia pun hengkang pada 2020 dengan status bebas transfer untuk bergabung Brighton. Di usianya yang ke-36, Lallana kini menjadi pemain reguler di tim tersebut, tampil dalam 29 pertandingan musim ini.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!