Bek Sayap Inter Menjadi Pemain Paling Penting Dalam Kemenangan Belanda, Tadi Malam

Gila Bola – Anda pasti sudah tahu siapa saja pencetak tiga gol timnas Belanda dalam kemenangan ke gawang Yunani dalam lanjutan kualifikasi Euro 2024. Tapi pemain paling penting Oranje tadi malam adalah bek sayap Inter ini. Sudah tahu siapa namanya?

Tiga gol skuad Ronald Koeman itu disarangkan secara berturut-turut oleh Marten De Roon, Cody Gakpo, dan terakhir enam menit sebelum turun minum oleh Wout Weghorst.

Tapi jangan lupakan peran bek sayap Inter ini, yang memberi assist untuk tiga gol Belanda ke gawang Odysseas Vlachodimos yang malang itu, yang merangkap jabatan sebagai stopper Nottingham Forest di Liga Inggris.

Inter akan sangat tertarik dengan fakta tiga assist pemain mereka itu dan akan mempelajari cara membuatnya menjadi lebih produktif di level klub.

Denzel Dumfries Pemberi Tiga Assist Belanda

Untuk gol pertama dari Marten De Roon, Denzel Dumfries berlari menjauh ke pinggir kotak enam meter untuk menyambut sepak pojok, menyundul bola ke tengah kotak dan disambar oleh pemain Atalanta 32 tahun itu menjadi gol pertama bagi negaranya.

Gol kedua datang dari Cody Gakpo. Kali ini Dumfries mencongkel bola dan mengirim umpan lambung ke pemain Liverpool itu yang berdiri di tiang jauh. Mengendalikan si bundar dengan dadanya sebelum mengirim bola ke sisi yang kosong dari gawang Odysseas Vlachodimos yang kurang beruntung tersebut.

Gol ketiga Oranje dicetak oleh Wout Weghorst. Lagi-lagi bek sayap Inter Milan itu melakukan gerakan yang persis sama, melambungkan bola dari sisi kanan kotak ke arah tiang jauh dan Weghorst menjatuhkan tubuhnya sembari menyundul bola itu.

Itu sekaligus merupakan gol pertama Weghorst usai mencetak gol ke gawang Real Betis saat ia masih berseragam Manchester United pada Maret 2023 lalu di ajang Liga Europa. Tidak heran jika ia sangat gembira dengan assist bekas rekannya di PSV tersebut.

Tiga gol Belanda bertahan sampai akhir dengan tim asuhan Gus Poyet gagal mengimbangi pasukan Oranje, melepaskan enam percobaan gol tapi hanya satu on target ke gawang Mark Flekken. Nihil gol. Angka harapan gol atau xG timnas Yunani hanya 0,17.

Siapakah Denzel Dumfries?

Pemain 27 tahun ini adalah seorang defender yang didatangkan oleh manajemen Nerazzurri pada awal musim 2021/22 dari PSV Eindhoven.

Sepanjang karirnya sebagai pemain belakang, yang bisa ditarik mundur sampai ke Sparta Rotterdam pada 2014/15, Dumfries sudah menyumbang 26 gol bagi klubnya masing-masing.

Tetapi pada musim 2023/24 ini ia baru menyumbangkan satu gol dan satu assist bagi Inter. Angka itu jauh lebih kecil dibandingkan tiga gol dan tujuh assist bagi Oranje di semua kompetisi. Selain kualifikasi Euro 2024 ini, ia sudah turun membela Belanda di UEFA Nations League dan Piala Dunia 2022.

Simone Inzaghi selaku pelatih Inter perlu melakukan twist pada formasi kesukaannya guna memberi ruang bagi pemain Belanda 27 tahun ini agar sama produktifnya di level klub.

Kategori: Internasional
Topik: Denzel Dumfries, Euro 2024, Hasil Pertandingan Sepak Bola, Timnas Belanda