Cedera Saat Membela Arsenal, William Saliba Dicoret Timnas Perancis

Gila Bola – Bintang Arsenal, William Saliba, mundur dari Timnas Perancis karena cedera jari kaki dan tak akan tampil di laga Kualifikasi Euro 2024 melawan Belanda maupun di laga persahabatan kontra Skotlandia bulan ini.

William Saliba terpaksa mundur dari skuad Perancis yang akan kembali berlaga di bulan Oktober ini, akibat cedera pada jari kakinya. Pemain muda asal Saint-Etienne tersebut sebelumnya alami cedera punggung serius, tepat sebelum akhir musim 2022/23, dan ia harus menyaksikan dari jauh Arsenal gagal amankan gelar juara musim lalu ketika ia absen panjang.

Namun, Saliba kembali ke performa terbaiknya bersama Gabriel Magalhaes – dan ini sangat penting membantu Arsenal raih kemenangan 1-0 atas Manchester City, tim yang sudah tiga kali berturut-turut menjadi juara, dalam pertandingan Liga Premier akhir pekan kemarin.

Pemain berusia 22 tahun itu telah tampil dalam 11 dari 12 pertandingan yang dilakoni Arsenal musim ini, dan hanya absen saat The Gunners menang atas Brentford di ajang Piala Liga. Saliba tak lewatkan satu menit pun laga Arsenal di ajang liga musim ini, dan mereka belum pernah kalah.

Usai kemenangan atas Manchester City di ajang liga pada hari Minggu (8/10) – yang sebelumnya sudah kalahkan Arsenal 12 kali berturut-turut di kompetisi kasta tertinggi Inggris tersebut, Saliba harusnya bergabung dengan rekan-rekan senegaranya di Timnas Prancis untuk dua pertandingan di bulan Oktober ini melawan Belanda dan Skotlandia.

William Saliba Cedera Kronis di Ibu Jari

Namun, Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) ungkapkan pada Minggu malam waktu setempat, Saliba alami cedera ‘kronis’ pada ibu jari kakinya, dan bek kelahiran tahun 2001 itupun tak akan terlibat dalam dua pertarungan negaranya bulan ini.

Sebagai gantinya, pelatih Didier Deschamps telah memanggil bek Nice, Jean-Clair Todibo, yang pernah berpasangan dengan Saliba di lini belakang Nice selama ia dipinjamkan ke klub tersebut di paruh kedua musim 2020/21.

Todibo – yang lebih dipilih Deschamps daripada bek Chelsea, Axel Disasi, kembali ke skuad Les Bleus hanya satu bulan setelah dia dipanggil gantikan Ibrahima Konate yang cedera. Mantan pemain Barcelona itu kemudian memulai debutnya saat mereka kalah 1-2 dalam laga persahabatan melawan Jerman.

William Saliba tak bisa berpartisipasi dalam pemusatan latihan tim Perancis. Bek Arsenal ini menderita sakit pada jari kakinya kanan. Dia akan tetap tersedia bagi klubnya untuk mengobati cedera kronis ini,” demikian pernyataan FFF, seperti dilansir Sportsmole.

Timnas Perancis Panggil Todibo Gantikan Saliba

Setelah berbicara dengan dokter Timnas Perancis, Franck Le Gall, Deschamps mencatat mundurnya Saliba dan putuskan untuk menggantikannya dengan Todibo.

Saliba kini bergabung dengan sejumlah pemain – seperti Christopher Nkunku, Presnel Kimpembe dan Wesley Fofana, dalam daftar pemain cedera Timnas Prancis saat Les Bleus tengah bersiap-siap lakoni matchday ke-7 Kualifikasi Euro 2024 melawan Belanda pada 14 Oktober – empat hari sebelum laga persahabatan melawan Skotlandia di Lille.

Skuad asuhan Didier Deschamps saat ini berada di puncak klasemen Grup B di Kualifikasi Euro 2024 berkat lima kemenangan di lima laga pembukaan mereka.

Tampil Gemilang untuk Arsenal Musim Ini

Sementara kemenangan Arsenal atas Manchester City di ajang Liga Premier, telah membuat Saliba dan kawan-kawan naik ke urutan kedua Liga Premier – hanya satu peringkat di belakang pemimpin klasemen sementara, Tottenham Hotspur, yang unggul selisih gol.

Di samping mundurnya Saliba dari skuad Timnas Perancis, manajer Arsenal Mikel Arteta juga umumkan bahwa Bukayo Saka tak bisa bermain untuk Inggris bulan ini akibat cedera hamstring yang dideritanya di laga melawan Lens di Liga Champions.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!