Inggris Juara Euro U21, Tapi Ashley Cole Diusir Wasit!

Gila Bola – Asisten pelatih tim U21 Inggris, Ashley Cole, diusir wasit beberapa saat usai gol dari pemain Liverpool Curtis Jones pada final turnamen Euro U21 yang usai pada Minggu dinihari (9/7), yang memastikan tim Tiga Singa meraih trofi pertamanya sejak 1984, setara 39 tahun silam!

Kericuhan di antara penghuni bangku cadangan mewarnai laga final Inggris vs Spanyol pada masa injury time babak pertama final Euro U21 yang berlangsung di Adjarabet Arena di Batumi Georgia, usai gol dari sang gelandang Liverpool tersebut.

Kericuhan ini sangat bisa dimengerti, dipicu ketidakpuasan kubu La Roja yang melihat para pemain Inggris kalah dominan, bermain lebih negatif daripada Spanyol, namun malah unggul lebih dulu.

La Roja memperoleh peluang emas untuk menyamakan skor setelah wasit menghadiahkan penalti pada menit 97 injury time, tetapi Abel Ruiz yang sudah mencetak tiga gol gagal mengeksekusi penalti itu. Skor tetap 1-0 bagi keunggulan Inggris.

Dua kartu merah menyusul setelah kegagalan penalti Abel Ruiz tersebut. Satu untuk Antonio Blanco pemain Real Madrid, satu lainnya bagi Morgan Gibbs-White pemain Nottingham Forest.

Spanyol Catatkan 14 Percobaan Gol Selama 90 Menit

Usaha keras dari tim semenanjung Iberia itu terlihat terutama sekali pada paruh kedua, saat mereka berusaha membalaskan gol dari Cole Palmer.

Spanyol mencatatkan 13 percobaan gol pada babak kedua, naik dari enam upaya mereka selama 45 menit pertama, tapi hanya empat shots on target yang terarah tepat sasaran ke gawang James Trafford, menyebabkan rasa frustrasi di kalangan anak-anak La Roja.

Sebaliknya, pasukan Lee Carsley kurang dominan dan lebih banyak main bertahan, tahu bahwa mereka akan dihajar habis oleh tim muda Spanyol jika sampai berani-beraninya bermain lebih terbuka dan menyerang.

Inggris Jaga Reputasi Susah Dibobol Sejak Penyisihan Grup

The Three Lions sedikit lebih dijagokan menang untuk dua alasan. Satu, mereka tetap tinggal di Georgia usai laga semifinal saat menang 3-0 atas Israel dilangsungkan di stadion yang persis sama di Batumi ini.

Alasan kedua, gawang yang dikawal James Trafford belum satu kali pun bobol sejak masa penyisihan grup, saat Inggris tiga kali menang dengan skor persis sama, 2-0, atas Republik Ceko, Israel dan Jerman.

Kemudian menang 1-0 atas Portugal di perempat final dan menang lagi 3-0 atas Israel di semifinal, sebelum menang tipis atas Spanyol di partai puncak yang selesai pada Minggu dinihari.

Cole Palmer Satu-satunya Pemain Manchester City dengan Empat Gelar!

Ada empat pemain the Sky Blues di skuad U21 Inggris di Euro U21 yang berlangsung di Georgia dan Rumania ini, namun hanya Cole Palmer yang menerima empat piala sekaligus.

Ia termasuk dalam daftar skuad untuk Liga Inggris yang dimenangkan City, serta Piala FA yang juga dimenangkan pasukan Pep Guardiola, serta masuk daftar cadangan saat mereka menjadi juara Liga Champions. Jadi kemenangan Inggris di final U21 akan menjadi piala keempat Cole Palmer musim ini.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!