Oranje Punya Selisih Gol Lebih Jelek Daripada Yunani, Kenapa Duduk Lebih Tinggi?

Gila Bola – Usai laga-laga kualifikasi Euro 2024 pada Senin dinihari (11/9), timnas Belanda memiliki selisih gol yang lebih buruk daripada Yunani, tetapi kenapa posisinya di klasemen malah lebih tinggi daripada Kostas Tsimikas dan kawan-kawan? Begini ceritanya.

Seperti bisa kita lihat dari daftar klasemen Grup B kualifikasi Euro 2024 di bawah ini, Oranje menduduki posisi lebih tinggi daripada Yunani dengan nilai sama 9. Tapi coba lihat selisih golnya.

Pasukan Ronald Koeman memiliki selisih gol 8:5, alias +3, sementara skuad Gus Poyet 10:5 alias +5. Lalu kenapa Belanda ada di urutan kedua dan Yunani di posisi ketiga klasemen Grup B?

Kualifikasi Euro 2024 Menganut Falsafah Head to Head

Meskipun Kostas Tsimikas dan rekan-rekannya memiliki selisih gol lebih baik daripada tim Oranje, tetapi mereka kalah head to head. Itulah prinsip utama penentuan klasemen di ajang kualifikasi Euro 2024 ini.

Pada perjumpaan terbarunya yang terjadi 7 September 2023 lalu, Yunani kalah dengan skor 3-0 pada pertandingan yang diselenggarakan di Philips Stadion di Eindhoven. Itulah jawaban mengapa Belanda berada pada posisi lebih tinggi daripada tim yang mereka kalahkan, hari Kamis lalu.

Laga kemenangan skuad Virgil Van Dijk atas rekannya sesama Liverpool, Kostas Tsimikas, akan sangat menentukan jika pada akhirnya kedua negara itu memiliki nilai sama setelah menjalani delapan pertandingan di akhir kualifikasi.

Falsafah head to head ini mendorong semua peserta untuk saling mengalahkan, bukan puas dengan hasil imbang saja, karena bisa menentukan posisi akhir klasemen.

Apa Selanjutnya Untuk Grup B Kualifikasi Euro 2024 Ini?

Denzel Dumfries dan rekan-rekannya menang 1-2 pada laga kualifikasi terakhir mereka di Aviva Stadium, Dublin, yang menyebabkan mereka mengoleksi 9 poin dan menduduki posisi kedua klasemen, enam poin di bawah Perancis.

Itulah sebabnya pertemuan berikutnya kontra Les Bleus pada 13 Oktober 2023 di Johan Cruyff Arena di Amsterdam akan sangat menentukan kelolosan skuad Ronald Koeman itu.

Jika kalah maka nasib Belanda akan sangat bergantung pada hasil yang diperoleh Yunani. Sebaliknya, jika menang maka mereka boleh yakin akan lolos ke putaran akhir di Jerman tahun depan. Hanya dua tim teratas dari tiap grup yang lolos langsung.

Sementara itu Odysseas Vlachodimos dan rekan-rekannya akan bertandang ke Republik Irlandia, yang kemarin baru dikalahkan Oranje 1-2, dan akan sangat putus asa untuk meraih tiga poin.

Irlandia sudah di ambang tersingkir. Maksimal poin yang bisa didapatkan dari sisa tiga laga kualifikasi adalah sembilan, mengasumsikan pasukan Stephen Kenny itu menang pada semua laga sisanya, termasuk saat menyambut kedatangan Yunani pada 13 Oktober.

Untuk sementara ini, Virgil van Dijk, Kostas Tsimikas dan Cody Gakpo berpelukan di lapangan hijau, usai laga kemenangan 3-0  di Eindhoven pada 7 September lalu, sepakat bahwa Oranje duduk lebih tinggi daripada tim biru-putih karena prinsip head to head tadi.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!