Pengumuman Skuad Timnas Inggris untuk Euro 2024, Rashford dan Henderson Tersingkir

Gila Bola – Gareth Southgate, pelatih timnas Inggris, resmi mengumumkan daftar sementara skuad 33 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan menjelang Euro 2024.

Keputusan ini menampilkan beberapa kejutan, termasuk pencoretan penyerang Manchester United Marcus Rashford, pemain pinjaman Borussia Dortmund Jadon Sancho, dan gelandang Ajax Jordan Henderson dari skuad.

Marcus Rashford, yang hanya mencetak delapan gol musim ini, tidak termasuk dalam daftar setelah mengalami penurunan performa yang signifikan dibandingkan musim sebelumnya.

Sementara itu, Jordan Henderson, yang pindah ke Ajax pada musim panas, juga tidak masuk dalam daftar. Keputusan ini mengejutkan mengingat perannya yang signifikan dalam skuad Inggris selama bertahun-tahun.

Sebaliknya, Southgate memanggil beberapa pemain muda yang belum pernah tampil untuk tim senior sebelumnya. Adam Wharton, gelandang dari Crystal Palace, serta bek tengah Jarell Quansah dari Liverpool, mendapatkan panggilan pertamanya.

Pemain muda lainnya yang juga dipanggil termasuk Curtis Jones dari Liverpool dan Kobbie Mainoo dari Manchester United. Ini menunjukkan bahwa Southgate memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Dalam daftar sementara ini, Southgate menyertakan 11 bek. Ini mencerminkan kekhawatiran terhadap cedera di area pertahanan, terutama dengan kondisi Luke Shaw yang masih diragukan. Pemain bek lain yang dipanggil antara lain Jarrad Branthwaite dari Everton, Lewis Dunk dari Brighton, dan Joe Gomez dari Liverpool.

Di posisi kiper, James Trafford dari Burnley mendapat promosi dari tim U-21, bergabung dengan Jordan Pickford, Dean Henderson, dan Aaron Ramsdale. Sementara itu, Raheem Sterling dan Ben Chilwell, dua pemain senior lainnya, tidak masuk dalam daftar sementara ini.

Southgate juga memanggil 12 pemain depan, termasuk nama-nama seperti Jack Grealish, Jarrod Bowen, Ivan Toney, Ollie Watkins, Cole Palmer, Anthony Gordon, dan tentu saja kapten Harry Kane.

Para pemain dari Manchester United dan Manchester City kemungkinan akan melewatkan pertandingan pemanasan pertama melawan Bosnia dan Herzegovina karena keterlibatan mereka di final Piala FA.

Dalam konferensi pers, Southgate menjelaskan bahwa keputusan untuk tidak memasukkan Rashford dan Henderson bukanlah hal yang mudah. Dia mengatakan bahwa pemain lain memiliki musim yang lebih baik dari Rashford, sementara Henderson mengalami cedera yang mempengaruhi intensitas permainannya.

Southgate juga membahas peluang Luke Shaw, yang masih diragukan bisa tampil di Euro 2024 karena cedera yang dialaminya. Pelatih The Three Lions menyatakan bahwa mereka memberikan Shaw waktu lebih lama untuk pulih dibandingkan pemain lain karena pentingnya peran Shaw dalam tim.

Selain itu, Southgate menekankan pentingnya memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk berkembang. Dia menyatakan bahwa meskipun beberapa pemain muda mungkin tidak akan masuk skuad akhir, penting bagi mereka untuk mendapatkan pengalaman berlatih bersama tim senior.

Daftar sementara ini akan dipangkas menjadi 26 pemain pada tanggal 7 Mei, sebelum tim terbang ke Jerman untuk turnamen. Southgate berharap bisa memberikan kejelasan sebanyak mungkin kepada para pemain mengenai status mereka menjelang pengumuman final.

Dalam kesimpulannya, Southgate menyatakan bahwa tim ini memiliki banyak pengalaman dan potensi untuk sukses di Euro 2024. Dia menekankan pentingnya fokus pada setiap pertandingan dan memanfaatkan peluang yang ada. Dengan campuran pemain berpengalaman dan bakat muda, Inggris berharap bisa meraih hasil terbaik di turnamen nanti.

Skuad Sementara Timnas Inggris Euro 2024

  • Kiper : Dean Henderson, Jordan Pickford, Aaron Ramsdale, James Trafford.
  • Bek : Jarrad Branthwaite, Lewis Dunk, Joe Gomez, Marc Guehi, Ezri Konsa, Harry Maguire, Jarell Quansah, Luke Shaw, John Stones, Kieran Trippier, Kyle Walker.
  • Gelandang : Trent Alexander-Arnold, Conor Gallagher, Curtis Jones, Kobbie Mainoo, Declan Rice, Adam Wharton.
  • Penyerang : Jude Bellingham, Jarrod Bowen, Eberechi Eze, Phil Foden, Jack Grealish, Anthony Gordon, Harry Kane, James Maddison, Cole Palmer, Bukayo Saka, Ivan Toney, Ollie Watkins.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!