Pukulan Keras bagi Timnas Belanda, Bermain Tanpa Frenkie de Jong di Euro 2024?

Gila Bola – Timnas Belanda terpukul setelah Frenkie de Jong cedera di laga Barcelona kontra Real Madrid, karena pemain itu berpeluang absen di Euro 2024.

Akibat cedera engkel yang dialami De Jong, pemain itu diberitakan akan absen di sisa musim ini. Barca kehilangan pemain andalannya itu setelah De Jong ditandu keluar lapangan dan tim asuhan Xavi Hernandez itu harus menerima kekalahan 2-3 di kandang Madrid, Senin (22/4) dini hari.

Perkembangan terakhir, De Jong diberitakan menderita cedera engkel yang membuat gelandang asal Belanda itu harus menepi setidaknya selama enam pekan, setelah sebelumnya diperkirakan akan absen selama satu bulan.

Cedera engkel itu dialami De Jong setelah ia berbenturan dengan Federico Valverde, hanya beberapa saat sebelum jeda turun minum.

De Jong terjatuh dengan posisi kaki yang sangat mengkhawatirkan, yang telah membuatnya mengerang kesakitan dan tak bisa berjalan. De Jong pun menangis saat ditandu keluar lapangan, dan posisinya kemudian digantikan Pedri.

Absen di Enam Laga Barcelona, dan juga Euro 2024?

Akibat cedera yang dialaminya, De Jong berpeluang besar absen di sisa enam pertandingan yang harus dituntaskan Barca musim ini, yakni laga melawan Valencia, Girona, Real Sociedad, Almeria, Rayo Vallecano dan Sevilla.

Tentu saja, cedera ini juga memicu pertanyaan besar mengenai apakah De Jong bisa membela Timnas Belanda di ajang Euro 2024 yang akan digelar di pertengahan tahun ini.

Pasalnya, hanya ada waktu sekitar dua pekan antara pertandingan terakhir di musim ini dengan kickoff Euro yang akan berlangsung di Jerman tersebut. De Jong pun hanya memiliki waktu sekitar enam pekan untuk memulihkan kondisinya dan membela tim asuhan Ronald Koeman itu.

Kemungkinan absennya De Jong ini tentu saja membuat Timnas Belanda ketar-ketir. Pasalnya, selama kualifikasi Euro 2024, De Jong-lah pemain yang sangat diandalkan Koeman.

Frenkie de Jong Diakui Sebagai Pemain Penting Timnas Belanda

Koeman yang juga mantan pelatihnya di Barcelona, menyebut De Jong sebagai pemain penting bagi Timnas Belanda.  Hal ini secara terang-terangan diakui Koeman usai laga ke-6 Grup B Kualifikasi Euro 204 melawan Irlandia tahun lalu.

Ketika itu, Koeman ungkap alasan yang pasti. Menurutnya, saat De Jong bermain di laga ke-5 kualifikasi melawan Yunani, pemain itu berhasil catatkan akurasi operan hingga 98 persen dari 48 kesempatan yang didapatnya. Di samping itu, De Jong juga berhasil lakukan tiga dribel sukses, di samping satu duel dan tekel yang juga cukup berguna untuk skuadnya.

Karena itulah, akan menjadi kerugian tersendiri jika De Jong tak bisa bermain di Euro 2024 mendatang. Timnas Belanda tentunya sangat berharap, pemain tersebut bisa pulih tepat waktu dan bergabung saat turnamen itu digelar.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!