Sepak Bola Belanda dan Klub Top Eropa Dibuat Cemas Edwin van der Sar

Gila Bola – Kabar kurang menyenangkan datang dari Edwin van der Sar. Kiper timnas Belanda itu harus dilarikan ke rumah sakit.

Diberitakan oleh De Telegraaf, mantan penjaga gawang Manchester United itu mengalami pendarahan otak saat berlibur ke Kroasia. Dijelaskan kiper legendaris tersebut tiba-tiba terjatuh dan langsung tak sadarkan diri.

Untuk membawa Edwin van der Sar ke rumah sakit bahkan tim medis harus menggunakan helikopter. Hal ini agar legenda Ajax Amsterdam dan Manchester United langsung mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Ajax dalam pernyataan resminya juga membenarkan kalau Edwin van der Sar mengalami pendarahan di sekitar otak. Sedangkan dukungan doa untuk kesembuhan bagi sang legenda mengalir dari FIFA, Manchester United, Arsenal hingga Liverpool lewat akun Twitter.

Mundur dari Jabatan Penting Ajax Amsterdam

Edwin van der Sar sendiri sebetulnya baru saja meninggalkan posisinya sebaga CEO Ajax Amsterdam. Dia memutuskan mundur dari jabatan tersebut setelah raksasa Liga Belanda gagal total di musim 2022/23.

Ya, Ajax gagal mempertahankan gelar juara setelah Feyenoord yang berhasil memenangkannya di musim lalu. Kemudian mereka juga dipastikan tak lolos ke Liga Champions untuk musim 2023/24.

Dengan adanya tekanan yang besar, Edwin van der Sar memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya tersebut di Ajax Amsterdam. Namun usai mundur dari CEO, sekarang jabatannya di Ajax adalah Chief Executive.

Edwin Van der SarĀ 

Pria berusia 52 tahun pernah memperkuat sederet klub top Eropa semasa aktif bermain sepak bola. Mulai dari Ajax Amsterdam, Juventus, dan Manchester Uited pernah dibela Edwin van der Sar.

Sedangkan bersama timnas Belanda, Edwin van der Sar tercatat telah mengoleksi 130 caps. Meski belum bisa membawa De Oranje juarai turnamen internasional, tetapi ia tercatat sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang sejarah sepak bola Belanda.

Edwin van der Sar juga tercatat telah bermain di Piala Dunia pada tiga edisi. Pada 2006 dirinya menjabat sebagai kapten timnas Belanda.

Berjaya di Manchester United

Meski sudah menangkan trofi Liga Belanda dan Liga Champions bersama Ajax Amsterdam, tetapi namanya lebih dikenal bersama Manchester United.

Selama di Old Trafford, Edwin van der Sar menangkan 4 gelar Liga Inggris, 2 Piala Liga, 4 Community Sheld, 1 Liga Champions, dan 1 Piala Dunia Antarklub.

advertisement

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update terbaru seputar sepak bola! klik di sini gibolers!