Timnas Indonesia U24 vs Korea Utara di Asian Games Hangzhou: Wajib Menang!

Gila BolaTimnas Indonesia U24 akan bertarung melawan Korea Utara di laga ketiga fase Grup F Asian Games Hangzhou, Minggu (24/9). Skuad Garuda harus menang di laga ini jika ingin melaju ke babak 16 besar.

Sayangnya, Egy Maulana Vikry dan kawan-kawan secara mengejutkan kalah 0-1 dari China Taipei di laga kedua. Kekalahan ini membuat perjuangan tim asuhan Indra Sjafri untuk melaju ke fase berikutnya pun menjadi lebih berat.

Di laga perdana Grup F melawan Kirgistan, Timnas Indonesia U24 menang 2-0. Hasil satu kemenangan dan satu kekalahan ini kemudian membuat skuad Garuda berada di urutan kedua Grup F dengan poin tiga – poin sama yang juga dikantongi China Taipei di posisi ketiga grup.

Pada akhir pekan ini, Timnas Indonesia U24 akan hadapi lawan berat, yang bahkan sudah berhasil lolos ke babak knockout lebih dulu. Pasalnya, Korea Utara berhasil menang di dua laga perdana mereka, yakni saat hadapi China Taipei dan Kirgistan.

Dua kemenangan itu sukses membawa Korea Utara bertengger di puncak klasemen dan sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, terlepas dari hasil di laga terakhir mereka melawan Indonesia.

Jika Kalah, Timnas Indonesia Tetap Berpeluang Melaju ke Babak Berikutnya

Jika Indonesia kalah dari Korea Utara, Minggu (24/9), maka tim asuhan Indra Sjafri akan sangat tergantung pada hasil pertandingan lainnya.

Indonesia bisa saja tetap lolos ke fase sistem gugur, jika secara mengejutkan Kirgistan berhasil kalahkan China Taipei. Atau, skuad Garuda menjadi salah satu dari empat tim terbaik di peringkat ketiga.

Pertemuan Timnas Indonesia U24 dengan Korea Utara akhir pekan ini, bukanlah yang pertama kali bagi kedua tim. Meskipun – harus diakui, Korea Utara lebih beruntung dalam beberapa kali pertemuannya dengan Indonesia.

Catatan Kekalahan Timnas Indonesia dari Korea Utara

Timnas Indonesia pernah kalah dari Korea Utara di level tim senior pada Kualifikasi Piala Asia 1979, begitu juga di delapan pertemuan lainnya yang berlangsung hingga tahun 2012. Catatan Korut atas Indonesia bahkan sangat fantastis, yakni delapan kali menang dan hanya sekali imbang.

Tak sampai di situ, Timnas Korea Utara U23 juga pernah kalahkan Indonesia 1-3 di babak 16 besar Asian Games 2014. Inilah momen terakhir pertemuan skuad Merah Putih dan Korea Utara, sebelum akhirnya akan bertemu kembali pada hari Minggu (24/9).

Timnas Indonesia tentunya harus bermain sangat fokus dan waspada saat bertemu Korea Utara U24 besok. Alasannya, mereka saat ini tengah lakoni tren positif dan pastinya akan tampil ngotot untuk menyapu bersih kemenangan ke fase ini.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!