Timnas Spanyol Tetap Waspadai Kosta Rika: Tak Ada Jaminan Menang!

Timnas Spanyol akan memulai perjuangan mereka di Piala Dunia Qatar pada Rabu (23/11) malam, dengan bertanding melawan Kosta Rika – tim yang pernah membenamkan Inggris di dasar klasemen grup pada 2014.

Gila Bola – Di Piala Dunia kali ini – delapan tahun setelah kejayaan Kosta Rika di Grup D Piala Dunia 2014 di Brasil, skuad asuhan Luis Enrique itu tetap akan mewaspadai Los Ticos meskipun mereka melaju ke Qatar lewat jalur play-off.

Kosta Rika gagal melaju ke babak knockout di tahun 2018, tapi empat tahun sebelumnya di Brasil – mereka entah bagaimana bisa memuncaki klasemen Grup D – di atas Uruguay, Italia dan Inggris.

Keberhasilan Arab Saudi mengalahkan tim bertabur bintang, Argentina, 2-1, telah membuat Timnas Spanyol bahkan lebih waspada lagi. Pasalnya, tak ada jaminan menang di Piala Dunia ini.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

Dengan keberadaan tim tangguh Jerman di grup yang sama, Timnas Spanyol tak akan tahu apa-apa mengenai nasib mereka selanjutnya, selain berusaha untuk amankan tiga poin dalam laga melawan Kosta Rika di Al Thumama Stadium malam nanti, agar mereka tetap bisa melaju.

Bagaimana Timnas Spanyol dan Kosta Rika Sampai ke Qatar?

La Roja berhasil menutup kualifikasi Piala Dunia dengan  berada di puncak klasemen grup di atas Swedia.

Anak-anak asuh Enrique itu memenangkan enam dari delapan pertandingan kualifikasi, tapi sempat terancam harus melewati babak play-off jika kalah di pertandingan terakhir melawan Swedia.

Sampai akhirnya, Alvaro Morata mencetak gol tunggal yang juga menjadi gol kemenangan Spanyol, hingga mereka berada di puncak klasemen grup dan secara otomatis meraih tiket ke Qatar.

Sedangkan Kosta Rika, seperti diungkapkan SunSport, mereka harus berjuang ekstra untuk amankan tiket ke Qatar hingga akhirnya menang 1-0 atas Selandia Baru di babak play-off.

Tim asuhan Luis Fernando Suarez itu sebelumnya finish di tempat ke-4 di belakang Timnas Amerika Serikat pada putaran ketiga kualifikasi zona CONCACAF, hingga mereka gagal melaju ke Qatar secara otomatis.

Bagaimana Tampilan Spanyol dan Timnas Kosta Rika?

La Roja melaju ke turnamen ini dengan penampilannya yang menawan, di mana mereka telah memenangkan empat dari lima pertandingan terakhir mereka.

Kemenangan itu termasuk saat mereka kalahkan Portugal, 1-0, pada bulan November. Ketika itu Morata lagi-lagi menjadi pencetak gol kemenangan La Roja di akhir pertandingan.

Namun, mereka juga dikalahkan Swiss 1-2 pada bulan September, sehingga Kosta Rika kemungkinan tahu di mana letak kelemahan La Roja.

Sedangkan skuad La Sele sendiri, juga tunjukkan penampilan yang luar biasa, dan belum terkalahkan dalam 12 pertandingan selama setahun kalender.

Timnas Kosta Rika dengan muda mengalahkan Nigeria 2-0 di sebuah laga persahabatan pada awal bulan ini, dan juga menang di dua laga melawan Timnas AS dan Kanada dalam beberapa bulan terakhir.

Siapa Pelatih Mereka?

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique, tak takut untuk meninggalkan sejumlah pemain bintang saat ia harus membawa 26 pemain ke Qatar.

Pelatih 52 tahun yang mantan pelatih Barcelona itu singkirkan David De Gea, Sergio Ramos dan Thiago Alcantara dari skuadnya. Saat masih menjadi pemain, Enrique pernah memenangkan 62 caps untuk Timnas Spanyol dan bermain di tiga edisi Piala Dunia.

Sementara pelatih Kosta Rika, Luis Fernando Suarez, berhasil membawa skuad La Sele ke  Piala Dunia setelah mengasuh tim tersebut tahun lalu.

Pelatih asal Kolombia berusia 62 tahun itu berpengalaman membawa Ekuador ke Piala Dunia 2006, tapi mereka disingkirkan Inggris di babak 16 besar. Suarez juga pernah membawa Honduras berlaga di Piala Dunia 2014.

Siapa Bintang di Kubu Timnas Spanyol dan Kosta Rika?

La Roja punya Pedri, yang sudah kantongi 14 caps di Timnas Spanyol, walau usianya masih 19 tahun. Bintang remaja ini bermain di Barcelona, dan sudah menjadi salah satu andalan Xavi Hernandez.

Sementara Kosta Rika, ada Joel Campbell yang amankan tempat bagi Kosta Rika di turnamen ini lewat gol kemenangannya di babak play-off melawan Selandia Baru.

Pemain 30 tahun yang pernah bermain di Arsenal tersebut sekarang bermain di klub asal Meksiko, Leon. Sayangnya, dia belum mencetak banyak gol di musim ini, bahkan hanya kantongi satu gol dalam 18 pertandingan yang dimainkannya. Campbell sangat berharap permainannya akan berbeda di Qatar.

Prediksi Pertandingan Timnas Spanyol vs Kosta Rika

Spanyol tentunya punya terlalu banyak kelebihan dibandingkan Kosta Rika – yang berada di peringkat 31 dunia.

La Roja diprediksi akan mendominasi jalannya laga, walau butuh waktu bagi mereka untuk bermain padu, tetapi penguasaan bola para pemain Enrique diyakini akan membuahkan gol.

Hasil pertandingan Timnas Spanyol kontra Kosta Rika di laga inipun diprediksi akan dimenangkan La Roja, dengan skor 3-0.

BANDARTOGEL77
IBOSport

Klasemen Piala Dunia Qatar

SebelumnyaTantang Belgia di Piala Dunia, Timnas Kanada Siap Bikin Kejutan!
SelanjutnyaManchester United Pantau Gelandang Timnas Argentina Seharga Hampir 2 Trilyun Ini