Lionel Messi Bisa Minta Balik Nomor 10 Miliknya Jika Kembali ke Barcelona

Lionel Messi disebut-sebut bisa kembali ke Barcelona saat kontraknya di PSG selesai akhir musim ini. Namun nomor punggung berapa yang akan dia kenakan di klub yang telah membesarkan namanya tersebut?  

Messi tinggalkan Camp Nou 12 bulan lalu dan pindah ke PSG dengan tanda tangani kontrak berdurasi dua tahun, setelah tim Catalan itu tak mampu mengupayakan kontrak barunya.

Wakil Presiden Barcelona bidang ekonomi, Eduard Romeu, kini memperkirakan Lionel Messi bisa kembali ke Blaugrana pada musim panas tahun depan.

Pernyataan ini kemudian didukung oleh presiden klub, Joan Laporta. “Kami punya hutang moral padanya dalam hal ini. Kami ingin di akhir karirnya dia mengenakan jersey Barca dan mendapat tepuk tangan meriah di lapangan,” tandas Laporta.

Kenyataan kembalinya Lionel Messi ke Barcelona barangkali terbukti agak rumit karena masalah dan kepergiannya yang tak pernah diduga-duga setahun lalu. Namun kemungkinan tak bisa diabaikan karena situasi kontraknya di klub Paris itu.

Advertisement
SUPERITC SLOT
SUPERITC SLOT

Messi menjadi ikon di Barcelona dengan jersey nomor 10 miliknya, di mana dia tak hanya menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub tersebut dengan 672 golnya di tim utama. Angka itu bahkan lebih tinggi dibandingkan pencetak gol tertinggi kedua, tertinggi ketiga dan ke empat, jika digabungkan.

Meki demikian, nomor 10 miliknya saat ini sudah diberikan kepada pemain remaja, Ansu Fati, yang meskipun pernah dibekap cedera panjang tapi tetap menjadi salah satu talenta berbakat di dunia sepak bola saat ini. Lalu, apakah ada nomor lain yang bisa dipilih Messi?

Di PSG, Lionel Messi memilih nomor punggung 30. Setelah pindah ke Parc des Princes setahun lalu, megabintang asal Argentina itu sempat menjelaskan mengapa nomor itu yang dipilihnya di klub Paris tersebut.

“Nomor 30 itu nomor pertama yang saya kenakan, saat saya memulai debut saya di Barcelona. Di tahun-tahun pertama saya dan setelah sekian lama, saya seolah-olah memulai yang baru dan senang kembali ke usia 30-an,” ujar Messi ketika itu.

Sementara di Barcelona, seperti diungkapkan Mirror, nomor 30 juga saat ini sudah dimiliki Pablo Gavi – pemain muda penuh sensasi asal Spanyol yang berhasil memantapkan posisinya sebagai andalan tim utama Barca di usianya yang masih sangat muda.

Namun status Gavi sebagai bintang Blaugrana saat ini kemungkinan akan membuatnya mendapatkan nomor yang lebih kecil, guna merefleksikan posisinya. Musim depan, Gavi kemungkinan akan mendapat nomor punggung pemain veteran yang akan hengkang di akhir musim ini, seperti Sergio Busquets – nomor lima.

Ketika nomor punggung 10 di Barcelona masih dikenakan Ronaldinho dan ketika itu baru memasuki musim-musim perdananya – La Pulga mengenakan nomor punggung 19 di Barca.

Sekarang, nomor peninggalan Messi itupun sudah ada yang mengambil alih, yakni pemain baru asal Pantai Gading, Franck Kessie. Namun ia kemungkinan juga akan mendapat nomor baru yang lebih kecil di saat beberapa pemain senior hengkang di musim panas mendatang.

Lionel Messi juga mengenakan nomor 15 dan 18 di level internasional bersama Timnas Argentina. Sayangnya, lagi-lagi, di Barcelona kedua nomor itupun sudah ada pemiliknya, yakni Andreas Christensen dan Jordi Alba. Meskipun Alba belakangan ini santer dkabarkan akan keluar dari Camp Nou.

Saat ini, Jordi Alba mulai tersingkir di posisi bek kiri di mana ia ada di belakang Marcos Alonso dan Alejandro Balde dalam urutan permainan di Barca. Sayangnya, ia gagal pindah ke Inter Milan di akhir bursa transfer musim panas lalu.

PILARWIN
PILARWIN
IBOSport
MACAUBET

Klasemen La Liga

SebelumnyaJelang Piala Dunia 2022, Timnas Inggris Dapat Ultimatum Soal Jude Bellingham
SelanjutnyaDuh, Jose Mourinho Nggak Terima AS Roma Keok Lawan Real Betis