Pecat Pelatih, Sevilla Bidik Mantan Manajer Leeds United dan Valencia

Gila BolaSevilla bidik mantan pelatih Valencia dan Leeds United untuk gantikan Jose Luis Mendilibar yang baru mereka pecat usai pertandingan La Liga yang berakhir imbang 2-2 melawan Rayo Vallecano akhir pekan kemarin.

Laga imbang 2-2 antara Sergio Ramos dan kawan-kawan dengan Vallecano akhirnya memberi dampak keras pada pelatih Mendilibar. Apalagi di laga tersebut, tuan rumah Sevilla tertinggal 0-2 lebih dulu, sebelum akhirnya berhasil samakan kedudukan lewat gol-gol Djibril Sow di menit ke-50 dan Youssef En-Nesyri di masa injury 90+6.

Usai laga tersebut, seperti diungkapkan Football Espana, Sevilla mengumumkan bahwa Mendilibar telah diberhentikan dari tugasnya setelah awal musim yang mengecewakan.

Pelatih 62 tahun itu tanda tangani kontrak baru pada musim panas lalu, setelah ia berhasil membawa Los Nervionenses meraih gelar juara Liga Europa ketujuh pada musim lalu. Sayangnya, sekarang Mendilibar harus pergi.

Perhatian kini beralih pada siapa pelatih yang akan gantikan Mendilibar. Sevilla berharap bisa datangkan seseorang hingga akhir jeda internasional bulan ini, karena setelah itu mereka akan bertemu Real Madrid di Ramon Sanchez-Pizjuan.

Muncul Beberapa Nama Calon, Ini Kandidat Terkuat Pelatih Baru Sevilla

Sejak pemecatan Mendilibar, beberapa nama calon pelatih Sevilla sudah mengemuka. Andoni Iraola menjadi salah satunya, walau Estadio Deportivo mengatakan dia tak akan bergabung, kecuali dipecat AFC Bournemouth dalam waktu yang dekat.

Nama lain yang sangat tak mungkin mengambil alih posisi pelatih di Sevilla adalah, Marcelo Gallardo, yang ingin tetap menganggur setelah tinggalkan River Plate.

Laporan itu menyatakan, Javi Gracia kini menjadi kandidat terdepan pengganti Mendilibar. Mantan pelatih kepala Valencia itu masih menganggur setelah tinggalkan Leeds United musim lalu – sebuah peran yang diberikan Victor Orta kepadanya – pejabat yang sekarang menjadi Direktur Olahraga di Sevilla.

Dalam konteks ini, tak mengherankan jika Gracia kemudian menjadi pelatih baru Sevilla, walau klub itu akan berusaha memastikan bahwa siapapun pelatih baru yang datang, dia haruslah orang yang tepat untuk membawa mereka kembali berprestasi.

Baru Direkrut Sevilla, Maret 2023

Jose Luis Mendilibar baru direkrut Sevilla pada bulan Maret 2023, dan ia menjadi pelatih ketiga klub tersebut di musim 2022/23, setelah lanjutkan kerja Julen Lopetegui dan Jorge Sampaoli.

Walau alami kesulitan di kompetisi domestik, Mendilibar berhasil akhiri musim lalu dengan salah satu akhir yang paling terkenal dalam sejarah klub itu, yakni membawa Sevilla raih gelar Liga Europa – yang terasa seperti sesuatu yang tak mungkin.

Sevilla berhasil kalahkan Manchester United dan Juventus di babak perempat final serta semifinal, sebelum kalahkan AS Roma dalam pertandingan final melalui drama adu penalti.

Sevilla ke Liga Champions Tapi Ambyar di Liga Lokal

Berkat keberhasilan ini, Los Nervionenses berhasil lolos ke Liga Champions musim ini, walau mereka finis di peringkat ke-12 di klasemen La Liga Spanyol musim lalu. Harapan klub, Mendilibar akan memimpin era baru.

Namun, Sevilla hanya kumpulkan delapan poin dari delapan pertandingan di La Liga sejauh musim ini, sehingga mereka memasuki jeda internasional terbaru di peringkat 14 klasemen sementara La Liga.

Mereka hanya raih dua kemenangan mereka atas Las Palmas dan Almeria, sementara Sevilla juga telah memulai pertarungan mereka di ajang Liga Champions dengan hasil imbang melawan Lens dan PSV Eindhoven.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!