Real Madrid Menang, Tapi Girona Lah Penguasa Klasemen La Liga

Gila BolaReal Madrid menang atas Las Palmas pada Kamis dinihari (28/9), namun puncak klasemen La Liga dikuasai oleh Girona, sebuah tim yang dua musim lalu masih bermain di divisi kedua sepak bola Spanyol.

Kemenangan Real Madrid atas Las Palmas dipastikan oleh gol-gol Brahim Diaz dan Joselu, dengan bantuan assist dari Lucas Vázquez dan Rodrygo.

Namun tiga poin ternyata tidak cukup untuk mengembalikan Los Blancos ke puncak klasemen. Itu karena skuad Carlo Ancelotti itu menderita kekalahan di tangan Atletico Madrid pada pekan sebelumnya.

Girona, sementara itu, berhasil menjaga dirinya tidak pernah kalah dari tujuh pertandingan pertama musim baru 2023/24 ini, menang enam kali dan imbang satu. Terakhir, mereka mengalahkan tuan rumah Villarreal 1-2 pada Kamis dinihari.

Apakah Girona Satu-satunya Tim LaLiga yang Tidak Pernah Kalah?

Girona adalah satu dari dua tim La Liga yang tidak pernah kalah sejauh tujuh pekan pertama 2023/24. Satu tim lainnya adalah Barcelona.

Namun tim arahan Xavi Hernandez itu hanya menduduki ranking ketiga klasemen sementara setelah menderita terlalu banyak hasil imbang, termasuk skor 2-2 terakhir kali saat main tandang ke Real Mallorda.

Memiliki poin 17 sebagai hasil dari lima kemenangan dan dua hasil imbang menyebabkan Blaugrana menghuni posisi ketiga, sedangkan Los Blancos dengan enam kemenangan dan satu kali kalah, di urutan kedua dengan koleksi 18 poin.

Fakta-fakta Menarik Dari Girona FC

Sampai dengan musim 2021/22, klub ini masih bergulat di kompetisi Segunda Division, kasta kedua sepak bola Spanyol, meskipun sebenarnya pernah promosi sampai ke La Liga selama dua musim, yaitu 2017/18 dan 2018/19, sebelum terdegradasi.

Girona FC mengawali diri sebagai juara 2007/08 sebelum promosi ke divisi kedua dan bertahan di sana selama sembilan musim. Setelah dua musim singkat di La Liga, mereka turun kembali ke Segunda Division. Pulih kembali kasta teratas pada 2022/23 dan menempati urutan 10 klasemen akhir musim lalu.

Mirip dengan Barcelona, klub berbasis di Estadi Montilivi ini dikenal memiliki patriotisme Catalonia, sebuah keinginan memerdekakan diri dari kekuasaan kerajaan Spanyol. Mungkin bahkan lebih fanatik dibandingkan Blaugrana.

Selain itu Girona juga merupakan salah satu anak didik City Football Group, sebuah kelompok perusahaan yang menjadi induk dari Manchester City.

Kini mereka akan menjadi pembicaraan di seluruh dunia setelah mengambil alih posisi puncak klasemen Liga Spanyol dari tangan Real Madrid.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News