Tanpa Raheem Sterling, Timnas Inggris Panggil Dua Pemain Bermasalah Hukum

Gila Bola – Timnas Inggris secara mengejutkan memanggil kembali pemain Brentford, Ivan Toney, di jeda internasional bulan ini. Namun tidak demikian dengan Raheem Sterling dan Ben White.

Ivan Toney seakan mendapat hadiah ulang tahun yang sempurna saat Gareth Southgate memanggilnya untuk kembali bergabung dengan skuad Timnas Inggris yang akan hadapi Italia dan Ukraina di kualifikasi Euro 2024 pekan depan.

Striker Brentford yang berusia 27 tahun pada hari ini, 16 Maret 2023, sebelumnya sempat terlibat kasus perjudian. Ia diberitakan telah mengakui 262 dakwaan yang dituduhkan kepadanya terkait pelanggaran aturan perjudian Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

Namun, di saat yang sama Gareth Southgate menegaskan, menghilangnya Toney dari skuad Timnas Inggris di Piala Dunia Qatar tak ada hubungannya dengan kasus itu.

Gareth Southgate Panggil Dua Pemain Bermasalah Hukum, Ini Alasannya

“Dia tersedia untuk klubnya. Belum ada persidangan atau penilaian apapun, jadi saya tidak tahu atas dasar apa kami tidak bisa memanggilnya. Dia bermain sangat bagus, saya suka kehadirannya dalam pertandingan. Saya menonton saat dia bermain di Arsenal di mana saya berpikir dia luar biasa dan layak mendapat kesempatan,” tandas Southgate mengenai Ivan Toney seperti dilansir The Guardian.

Ivan Toney sebelumnya mendapat panggilan pertama dari Timnas Inggris jelang laga Uefa Nations League di bulan September. Namun ketika itu Toney sama sekali tidak dimainkan.

Dia merupakan pencetak gol terbanyak kedua asal Inggris di Liga Premier musim ini, setelah Harry Kane. Toney mencetak golnya yang ke-16 di musim ini, saat the Bees kalahkan Southampton, 2-0, Kamis (16/3) dini hari.

Southgate Ungkap Nama-nama Pemain yang Dicoret

Kyle Walker juga masuk dalam skuad Gareth Southgate di jeda kali ini, meskipun saat ini dia juga sedang diselidiki polisi terkait tuduhan mengekspos dirinya di sebuah bar.

Meski demikian, tak ada tempat bagi pemain Arsenal, Ben White, yang sebelumnya justru masuk dalam skuad Piala Dunia Qatar. Ketika itu, White pulang lebih awal karena alasan pribadi.

Diungkapkan Evening Standard, Raheem Sterling juga absen dari pemanggilan tim nasional kali ini karena cedera. Namun, dua pemain Chelsea, Reece James dan Ben Chilwell, sama-sama kembali dipanggil setelah keduanya absen di Piala Dunia 2022 akibat cedera.

Sayangnya tak ada tempat bagi mantan pemain Chelsea yang kini menjadi bintang AC Milan, Fikayo Tomori, pemain Manchester United, Jadon Sancho dan bintang Liverpool, Trent Alexander-Arnold.

Adapun perubahan lain yang dilakukan Southgate di skuadnya kali ini, tak ada pula Conor Coady dan Callum Wilson. Secara khusus mengenai Alexander-Arnold, Southgate menjelaskan, dia berada di belakang Reece James, Kieran Trippier dan Kyle Walker dalam urutan permainan di posisi bek kanan.

Timnas Inggris dijadwalkan untuk bertemu Italia di kota Naples di laga kualifikasi Euro 2024 pada hari Jumat (24/3), lalu menjamu Ukraina di Wembley tiga hari kemudian.

Kategori: Gilabola.com, Sepak Bola Internasional
Topik: Timnas Inggris