Bayern Munchen Kontak Manchester City Terkait Transfer Kalvin Phillips

Gila BolaBayern Munchen diberitakan telah mengontak Manchester City terkait niat mereka datangkan Kalvin Phillips di bursa transfer Januari.

Kalvin Phillips sebelumnya memang diberitakan siap tinggalkan Etihad setelah jarang dimainkan di musim ini, dan ia diminati sejumlah klub papan atas Inggris.

Pelatih Bayern Munchen, Thomas Tuchel, memang tengah mencari gelandang bertahan baru, dan klub jawara Bundesliga tersebut hampir saja dapatkan Joao Palhinha dari Fulham di musim panas lalu.

Namun, rencana transfer Palhinha ke Allianz Arena ambyar di menit-menit terakhir, dan pemain internasional Portugal itu memilih untuk teken kontrak baru berdurasi panjang dengan Fulham.

Bayern kabarnya masih menganggap Palhinha sebagai target utama mereka di luar jendela transfer Januari, meskipun raksasa Jerman itu juga tetap memantau beberapa pemain alternatif lainnya.

Menurut 90min, klub Bavaria tersebut mengidentifikasi Phillips sebagai alternatif bagi Palhinha dan mereka telah menghubungi Manchester City untuk mengetahui statusnya di klub jawara Liga Premier tersebut saat ini.

Laporan yang dilansir Sportsmole menambahkan, Tuchel kagum pada Phillips dan terkesan dengan penampilan gelandang tersebut di klub lamanya, Leeds United.

Phillips tinggalkan klub masa kecilnya, Leeds, pada musim panas 2022, setelah ia bermain di tim utama klub Inggris itu selama tujuh tahun. Phillips kemudian pindah ke Manchester City, di mana awalnya ia berharap akan menjadi pemain reguler di bawah asuhan Pep Guardiola.

Namun, pemain 27 tahun itu hanya lima kali menjadi starter dalam 26 penampilannya untuk the Citizens di semua kompetisi. Ia bahkan hanya satu kali bermain sebagai starter dalam 13 laga sejauh musim ini.

Sementara Rodri, dianggap sebagai gelandang bertahan pilihan pertama yang tak tergantikan di Manchester City, Phillips sendiri sudah digeser Mateo Kovacic dan Matheus Nunes yang dibeli City di musim panas lalu. Sedangkan bek sayap berusia 18 tahun, Rico Lewis, dan Bernardo Silva juga dimainkan dalam peran gelandang lebih dalam daripada Phillips.

Phillips saat ini masih terikat kontrak lima tahun di Etihad, tapi gelandang itu dikabarkan siap untuk pergi dari Manchester City demi mencari waktu bermain yang teratur.

Namun, laporan terbaru mengklaim City hanya bersedia melepas Phillips, jika mereka dapat kantongi dana 45 juta Poundsterling – dana yang mereka habiskan untuknya 15 bulan lalu.

“Sebagai pemain sepak bola, Anda selalu ingin bermain, dan itu juga kasus saya. Saya ingin dapatkan waktu bermain, dan tentu saja saya belum melakukannya selama setahun setengah terakhir ini, jadi itulah yang ingin saya lakukan. Kita lihat saja apa yang terjadi nanti,” ujar Phillips kepada Channel 4, setelah ia menjadi starter untuk Timnas Inggris yang menang 3-1 atas Italia di Kualifikasi Euro 2024, Rabu (18/10) dini hari.

Bayern Munchen barangkali akan hadapi persaingan ketat dari sejumlah klub Liga Premier yang juga mengincar Phillips, termasuk West Ham United, Newcastle United, Arsenal, Everton dan Liverpool.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita sepak bola! Untuk bergabung klik di sini gibolers!