Hasil Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya 1-0: Lawan 10 Pemain, Ryo Matsumura Bawa Macan Kemayoran Unggul

Gila Bola – Hasil Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya di pekan kelima Liga 1 Indonesia yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (30/7) malam, berakhir dengan skor 1-0.

Pertandingan seru tersaji di kandang Persija malam ini – sejak kickoff hingga akhir laga. Tuan rumah berusaha mendominasi jalannya laga dengan berkali-kali menebar ancaman ke gawang Persebaya.

Tim Bajol Ijo tentu saja kewalahan dengan aksi-aksi penyerangan yang dilakukan Persija. Namun mereka juga tak kenal gentar untuk membalas ancaman yang dilakukan tuan rumah, meskipun kesulitan untuk menyelesaikann menjadi gol.

Berkat kemenangan ini, Persija Jakarta memperpanjang catatan tak pernah kalah dari rival beratnya, Persebaya, setelah gol tunggal Ryo Matsumura di menit 38 membawa tim Macan Kemayoran unggul hingga akhir laga.

Di laga ini Persebaya hanya diperkuat dengan 10 pemain setelah Arief Catur Pamungkas diusir keluar di menit 29. Persija pun berhasil memanfaatkan kekurangan lawan dengan lakukan banyak percobaan mencetak gol dan membombardir pertahanan tim Bajol Ijo hingga akhir laga.

Kemenangan ini sukses membawa Persija naik ke urutan lima dengan koleksi poin delapan. Sementara Persebaya tetap berada di urutan 13 dengan mengantongi lima poin.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim berusaha tampil menekan sejak kickoff, tetapi Persija Jakarta tunjukkan dominasinya dengan berusaha menguasai bola dan menebar ancaman ke gawang tamu mereka.

Beberapa peluang diciptakan para pemain Persija sejak awal laga, namun  berhasil diantisipasi para pemain Persebaya. Ancaman mematikan bahkan sempat beberapa kali diciptakan Riko Simanjuntak dan Rizky Ridho, tapi Persija masih kesulitan mencetak gol.

Persebaya bukannya tak bisa membalas ancaman tim tuan rumah. Beberapa kali skuad Aji Santoso berusaha membangun serangan – terutama di babak kedua, tetapi upaya mereka berhasil digagalkan Persija.

Detik-detik Persebaya Surabaya Kehilangan Catur Pamungkas

Sampai akhirnya, Persebaya harus bermain dengan 10 pemain di menit 30. Ketika itu wasit langsung mengeluarkan kartu merah untuk Arief Catur Pamungkas, setelah ia melanggar Witan Sulaeman di pinggir kotak penalti – walau Witan juga sempat lakukan handball saat ia terjatuh.

Persija benar-benar memanfaatkan situasi ini, dan berusaha memanfaatkan berkurangnya kekuatan tim lawan dengan menambah intensitas permainannya. Namun, Ryo Matsumura malah gagal membawa Persija memimpin di menit 34, saat tendangan kerasnya dari pinggir area penalti berhasil dibendung bek Persebaya.

Semenit kemudian giliran Persebaya yang berusaha menebar ancaman, tetapi Paulo Victor gagal memanfaatkan umpan yang datang.

Upaya Ryo Matsumura Akhirnya Berbuah Gol!

Upaya ke empat Ryo Matsumura akhirnya membuahkan gol setelah ia berhasil memanfaatkan umpan backheel Witan, dan mendorong bola masuk gawang lawan. 1-0 Untuk Persija Jakarta!

Ryo Matsumura nyaris menggandakan skor Persija di menit 78, tapi tendangan kerasnya hanya mengenai tiang gawang Persebaya dan memantul keluar. Hal serupa juga terjadi saat Aji Kusuma bekerja sama dengan Riko Simanjuntak, tapi bola hanya jatuh ke pelukan kiper. GAGAL!

Di menit-menit akhir, para pemain Persija tak mengendurkan permainan mereka. Skuad Thomas Doll bahkan tetap berusaha keras kembali menjebol gawang Persebaya. Bajol Ijo pun punya peluang tendangan bebas di menit-menit akhir, tapi eksekusi yang dilakukan Reva Adi hanya melambung.

Susunan Pemain

Persija Jakarta (3-4-3): Andritany Ardhiyasa; Rizky Ridho, Ondrej Kudela, Hanif Sjahbandi; Rio Fahmi, Syahrian Abimanyu, Maciej Gajos, Firza Andika; Ryo Matsumura, Witan Sulaeman, Riko Simanjuntak.

Persebaya Surabaya (3-4-3): Andhika Ramadhani; Riswan Lauhin, Dusan Stevanovic, Kadek Raditya; Ahmad Nuri Fasya, Tony Firmansyah, Ripal Wahyudi, Arief Catur Pamungkas; Sho Yamamoto, Paulo Victor, Bruno Moreira.

Ayo join channel whatsapp Gilabola.com untuk mendapatkan update seputar berita bola terbaru! Untuk bergabung klik di sini gibolers!