Xavi Tinggalkan Barcelona, Sergino Dest Berpeluang Tetap Bertahan di PSV

Gilabola.comBarcelona berpeluang lepas secara permanen Sergino Dest setelah PSV berniat aktifkan opsi pembelian bek berusia 23 tahun itu di bursa transfer musim panas mendatang.

Barangkali ini menjadi kabar gembira bagi Barcelona, karena mereka akhirnya bisa melepas Sergino Dest – salah satu pemain buangannya, secara permanen.

Dest sendiri sempat mengaku, ia tak akan pernah kembali ke klub Catalan tersebut, selama Xavi Hernandez masih menjabat sebagai pelatih kepala. Kini, Xavi telah umumkan bahwa ia akan tinggalkan Camp Nou di akhir musim ini, tetapi Dest tetap berpeluang bertahan di Liga Belanda karena PSV menginginkan pemain tersebut.

Diberitakan Mundo Deportivo,  PSV Eindhoven sangat senang dengan penampilan Sergino Dest yang mereka pinjam dari Barca sejak musim panas lalu. Itulah sebabnya mengapa mereka ingin memicu opsi pembeliannya yang sebesar 10 juta Euro – sekitar 171 miliar Rupiah, tepat di saat kontrak pinjamannya selesai pada akhir musim ini.

Bek kanan internasional Amerika Serikat itu pindah ke Barca dari Ajax pada tahun 2020, saat klub Catalan itu diasuh Ronald Koeman, dengan transfer sebesar 21 juta Euro atau sekitar 359 miliar Rupiah. Dia direkrut semata-mata karena permintaan pelatih asal Belanda itu, tetapi kedatangannya tak pernah menjadi sesuatu yang berjalan dengan baik bagi Barca.

Sempat Dimainkan Xavi Hernandez di Posisi Berbeda

Dest bermain di 30 pertandingan di musim pertamanya bersama skuad Blaugrana, di mana ia berhasil mencetak dua gol dan satu assist. Namun, di bawah asuhan Xavi, pamornya benar-benar terjun bebas.

Walau pelatih 43 tahun itu sempat mainkan Dest sebagai seorang winger kanan beberapa kali, tampaknya keputusan Xavi untuk Dest sudah bulan, dan hanya ada sedikit peluang bagi Dest untuk masuk ke dalam tim asuhan Xavi.

Setelah itu, Dest dipinjamkan ke AC Milan selama satu musim, tetapi gagal mengambil hati pelatih Stefano Pioli. Dest bahkan dikembalikan ke Catalan setelah hanya bermain dalam delapan pertandingan Serie A di sepanjang musim.

Sergino Dest Bangkit di PSV

AYO JOIN CHANNEL WHATSAPP GILABOLA.COM UNTUK MENDAPATKAN UPDATE TERBARU SEPUTAR SEPAK BOLA! KLIK DI SINI GIBOLERS!

Segalanya berangsur membaik baginya setelah itu, terutama setelah ia kembali ke Belanda dan bermain untuk PSV sejak awal musim ini. Ia lebih sering diberdayakan sebagai bek kiri, di mana ia berhasil mencetak satu gol dan empat assist di ajang liga, Dest juga tampil menawan di beberapa pertandingan Liga Champions.

Jawara sementara Eredivisie itupun sangat senang dengan progres yang ditunjukkan Dest dan siap untuk memasukkannya ke dalam skuad mereka secara permanen di awal musim panas tahun ini.

Dest memang enggan kembali ke Barcelona, terutama karena faktor Xavi. Alasannya, akan sulit baginya mendapat waktu bermain jika Barca masih diasuh Xavi.

Sergino Dest Tampaknya Pikir-pikir Dulu Kembali ke Barcelona

Namun, Xavi tengah bersiap-siap pergi, akankah hal itu membuat Dest berubah pikiran? Tampaknya tidak, karena kesempatan bermain akan menjadi sesuatu yang langka bagi Dest di Barcelona.

Pasalnya, Barca ingin permanenkan status Joao Cancelo pada akhir musim ini, yang bisa membuat mereka merogoh kocek sedikit 20 juta Euro (sekitar 342 miliar Rupiah) hingga 25 juta Euro – setara 427 miliar Rupiah. Julian Araujo juga tampil sempurna di Las Palmas, dan dia berpeluang masuk dalam tim utama Barca musim depan.

Dengan adanya dua pemain tersebut di skuad Barca, plus Jules Kounde – yang akan terus menjadi opsi di posisi bek kanan jika dia tak dijual, tampaknya tidak mungkin bagi Dest mendapat kesempatan bermain jika ia kembali ke Barcelona. Demikian diungkapkan Barca Universal.