Aturan Pemain Asing Liga 1, Marquee Player Dibolehkan

863

Sepakbola – Setiap klub peserta Liga 1 Indonesia untuk musim kompetisi 2017 ini boleh menggunakan tiga pemain asing. Klub juga dibolehkan membeli satu marquee player.

Liga Indonesia  - Aturan Pemain Asing Liga 1, Marquee Player Dibolehkan

Gilabola.com – Setiap klub peserta Liga 1 Indonesia untuk musim kompetisi 2017 ini boleh menggunakan tiga pemain asing. Klub juga dibolehkan membeli satu marquee player.

Demikian diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, saat menjelaskan regulasi Liga 1 Indonesia dalam pertemuan dengan perwakilan 18 klub peserta Liga 1 di Makostrad, Jakarta, Kamis (16/3).

Yang dimaksud dengan marquee player adalah pemain bintang berharga mahal. Salah satu contoh marque player adalah Michael Essien yang baru saja dikontrak oleh Persib Bandung. Mantan bintang Chelsea, Real Madrid dan AC Milan asal Ghana ini dikontrak Persib selama satu tahun dengan gaji sebesar Rp 11 miliar.

Ada syarat yang ditetapkan oleh PSSI dalam hal perekrutan marquee player. Yaitu, umur si pemain harus di bawah 35 tahun, pernah bermain di Piala Dunia, dan bisa berasal dari negara mana saja.

Sementara tekait jumlah pemain asing yang boleh dikontrak oleh tiap klub Liga 1 adalah maksimal tiga pemain asing. Komposisinya adalah dua pemain merupakan pemain non-Asia dan satu pemain Asia.

Namun klub bisa memiliki empat pemain asing jika bisa mendatangkan satu marquee player. Berarti setiap klub berpeluang memiliki empat pemain asing, terdiri atas tiga pemain asing standar dan satu berlabel bintang alias marque player.

Selanjutnya Edy Rahmayadi menegaskan setiap klub juga diharuskan mengontrak sedikitnya lima pemain yang berusia di bawah 23 tahun (U-23). Sedikitnya tiga dari mereka wajib dimainkan pada setiap laga. Aturan ini sudah diterapkan turnamen Piala Presiden 2017 yang baru lalu.

Selain itu ada juga aturan terkait pembatasan usia pemain. Setiap tim boleh memakai pemain di atas 35 tahun maksimal dua orang pemain.

Kompetisi Liga 1 Indonesia dipastikan akan dimulai pada Sabtu, 15 April 2017. Akan diikuti oleh 18 tim.