Fakta Dan Data Menarik Seputar Piala Jenderal Sudirman

Turnamen sepakbola Piala Jenderal Sudirman akan dibuka Selasa (10/11/2015). Ditandai dengan pertandingan pertama antara Arema Cronus kontra Gresik United. Laga perdana ini dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Liga Indonesia  - Fakta Dan Data Menarik Seputar Piala Jenderal Sudirman

Turnamen sepakbola Piala Jenderal Sudirman akan dibuka Selasa (10/11/2015). Ditandai dengan pertandingan pertama antara Arema Cronus kontra Gresik United. Laga perdana ini dilangsungkan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Ada 15 tim peserta yang ambil bagian dalam turnamen ini, terdiri atas 14 klub ISL dan satu klub PS TNI. Untuk mengetahui tentang apa dan bagaimana Piala Jenderal Sudirman itu, berikut ini adalah sedikit fakta dan data menarik terkait turnamen itu, seperti dikutip dari Kompas.com:

1. Piala Jenderal Sudirman digagas oleh Panglima TNI Gatot Nurmantyo untuk memperingati Hari Pahlawan.

2. Pembukaan Piala Jenderal Sudirman dimeriahkan oleh penampilan band terkenal, yakni Slank dan Kotak. Selain itu, Aremania juga berencana membentangkan bendera raksasa dalam acara pembukaan.

3. Piala Jenderal Sudirman disemarakkan dua “tim baru”, yakni Semen Padang dan Persipura Jayapura. Dua tim ini tidak ambil bagian pada turnamen sebelumnya, Piala Presiden 2015, dan sempat dibubarkan.

4. Turnamen ini tidak menerapkan aturan hasil imbang. Jika ada dua tim yang bermain seri selama 90 menit, laga akan dilanjutkan ke babak penalti.

5. Tim yang menjuarai Piala Jenderal Sudirman akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 2,5 miliar.

6. Di turnamen ini, tim peserta mendapatkan match fee atau uang tampil. Tim yang menang dalam waktu normal berhak mendapatkan hadiah Rp 125 juta. Tim yang kalah dalam waktu normal menerima hadiah sebesar Rp 75 juta. Tim yang menang melalui adu penalti menerima hadiah sebesar Rp 110 juta dan tim yang kalah melalui adu penalti sebesar Rp 90 juta.

7. Mahaka Sports and Entertainment sebagai operator Piala Jenderal Sudirman telah menetapkan hadiah Rp 100 juta untuk suporter terbaik dalam turnamen tersebut.

8. Denda sebesar Rp 500 juta bagi tim yang memilih mundur di tengah pertandingan maupun turnamen.

9. Hanya pelatih yang memiliki wewenang untuk melakukan protes saat jalannya pertandingan. Jika bukan pelatih yang melakukan protes, oknum yang melancarkan keberatan akan dijatuhi denda Rp 5 juta per aksi.

10. Pemukulan wasit bakal didenda Rp 100 juta dan keributan antarpemain akan didenda sebesar Rp 50 juta.

11. Setiap klub wajib menurunkan dua pemain U-21 sebagai starter di setiap pertandingan.

12. Grup A terbilang grup neraka. Di grup tersebut, ada tiga tim yang pernah menjuarai Liga Indonesia, yakni Arema, Sriwijaya FC, dan Persija Jakarta.

13. Final Piala Jenderal Sudirman digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

14. Penghargaan bagi wasit terbaik di Piala Jenderal Sudirman.

15. Babak penyisihan Piala Jenderal Sudirman bakal diwarnai partai ulangan di Piala Presiden 2015. Laga ulangan tersebut adalah Persib Bandung vs Pusamania Borneo, Arema vs Sriwijaya, PSM Makassar vs Mitra Kukar, dan Surabaya United vs Persib Bandung. Pertandingan Persib vs Borneo FC cukup menarik karena pelatih Iwan Setiawan sempat meremehkan Persib saat itu.

Sepakbola.cc