Luis Milla Sebut Kelebihan Indonesia Dibanding Spanyol

Sepakbola – Pelatih timnas Indonesia asal Spanyol, Luis Milla, memuji gairah para suporter dan atmosfer stadion di tanah air.

Luis Milla
Luis Milla

Gilabola.com – Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Luis Milla, memuji gairah para suporter dan atmosfer stadion di tanah air. Pujian itu mengacu dari pengalaman pelatih asal Spanyol itu saat memimpin Indonesia menghadapi Myanmar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, 21 Maret 2017 lalu.

Ketika itu, stadion yang memiliki kapasitas total 30.000 hanya terisi sekitar 13.150 kursi. Tetapi, Milla melihat dukungan luar biasa yang diberikan oleh para penonton selama 90 menit pertandingan berjalan.

“Di Spanyol, banyak orang yang datang ke stadion hanya untuk menonton sepak bola. Namun, kecintaan para suporter di sana tidak sama seperti di Indonesia,” ujar Milla dalam forum diskusi bertajuk “A Night with The Manager” di Hotel Yasmin, Karawaci, Tangerang, Jumat (31/3).

Tapi tentu saja berbeda ceritanya ketika membandingkan sepak bola kedua negara dalam hal prestasi. Spanyol telah mengoleksi satu gelar Piala Dunia dan dua trofi Piala Eropa dalam sepuluh tahun terakhir mereka, sedangkan Indonesia masih tanpa prestasi.

Begitu juga yang terjadi di level junior. Di bawah arahan Milla, Spanyol U-21 berhasil menjuarai Piala Eropa 2011 dengan mengalahkan Swiss di laga final. Hanya saja, menurut Milla, berbagai prestasi bergengsi yang pernah diraih negara asalnya tidaklah diraih secara instan.

“Sangat menarik sekali saat kami berhasil memenangkan Piala Eropa. Saat itu aku menangani sebuah generasi emas. Dan terciptanya generasi emas tersebut karena adanya kerja keras,” ucap Milla.

“Sebelum tahun 2008, pemain Spanyol kebanyakan hanya bermain di negaranya saja. Namun, sekarang mereka sudah berani menjalani karier di luar Spanyol,” tambah eks gelandang Real Madrid dan Barcelona itu.

Belajar dari Spanyol, Milla pun meminta publik tanah air untuk lebih bersabar lagi dalam menanti prestasi bersama timnas Indonesia.

Sepakbola.cc