Pelatih Persija dihukum dua tahun

52

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Kamis (17/1) malam, membuat keputusan tegas dengan menghukum pelatih Persija Jakarta asal Moldova, Sergei Dubrovin, berupa larangan mengikuti kegiatan sepakbola di Indonesia selama dua tahun dan denda sebesar Rp50 juta. Dubrovin dihukum karena memukul asisten wasit satu, Udin Sumarsyah, serta mencoba memengaruhi pemainnya untuk mogok bermain dalam pertandingan Persija versus Persik […]

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, Kamis (17/1) malam, membuat keputusan tegas dengan menghukum pelatih Persija Jakarta asal Moldova, Sergei Dubrovin, berupa larangan mengikuti kegiatan sepakbola di Indonesia selama dua tahun dan denda sebesar Rp50 juta.

Dubrovin dihukum karena memukul asisten wasit satu, Udin Sumarsyah, serta mencoba memengaruhi pemainnya untuk mogok bermain dalam pertandingan Persija versus Persik Kediri yang berakhir rusuh Kamis sore kemarin, Dalam pertandingan babak delapan besar Liga Djarum yang berlangsung di Stadion Manahan Solo itu, kedua tim bermain imbang 2-2.

“Sanksi ini dijatuhkan merupakan hasil rapat kilat dari anggota Komdis usai peristiwa tersebut, dan ini biasa dilakukan setiap ada pertandingan besar seperti ini,” ungkap anggota Komdis Hinca Pandjaitan kepada pers di Solo semalam.

Dalam pertandingan yang berlangsung cepat dan panas tersebut, Persik berhasil menahan imbang Persija 2-2 melalui gol striker Christian Gonzales di menit ke 85. Gol itu yang mengawali kerusuhan sesaat setelah pertandingan berakhir.

Bahkan offisial beserta pemain Persija sempat mogok main sebentar karena wasit mensahkan Cristian Gonzalez yang berbau pelanggaran. Pelatih Serghei Dubrovin dan kiper Evgheny Khmaruk yang sama-sama berasal dari Moldova, terlihat begitu emosi.

Khmaruk menolak memakai sarung tangannya, kendati sudah kembali ke lapangan. Sementara Dubrovin, sempat terdengar dia memerintahkan anak asuhnya untuk berhenti bermain. Untungnya ancaman mogok tidak terjadi setelah sala satu sesepuh Persija IGK Manila meminta para pemain kembali bertanding.

Menurut Khmaruk, gol Gonzalez berbau pelanggaran lantaran sebelum mengusai bola dengan leluasa di dalam kotak penalti, Gonzalez terlebih dahulu mendorong bek tengah Persija Abanda Herman.

Rupanya emosi kubu Persija tak berhenti di situ. Usai peluit panjang dibunyikan sejumlah pemain Persija melancarkan protes. Francis Wawengkang menghampiri wasit sambil melakukan protes keras. Lebih parah lagi aksi yang dilakukan kiper Khmaruk. Ia berlari ke tengah lapangan dan membekap Gonzales dengan tangan kiri. Untung Gonzales tidak terpancing, dan bisa menghindar dari dekapan Khmaruk seteleh ditolong rekan-rekannya.

Dalam pertandingan ini, Persik unggul lebih dulu lewat gol Danilo Fernando di menit ke-15. Persija berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi individu Aliyudin di menit ke 29.

Di babak kedua, Persija berbalik memimpin lewat gol sundulan Bambang Pamungkas memanfaatkan umpan tendangan bebas Ismed Sofyan di menit ke 62. Namun Persik berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Gonzalez di menit ke 85.

Pada pertandingan lain di Grup B yang berlangsung di tempat yang sama, Persipura Jayapura menggilas Deltras Sidoarjo 4-0. ***