Suporter Diminta Mau Bersatu Demi Majunya Dunia Bola Indonesia

Sepakbola – Suporter diminta mau bersatu demi majunya dunia bola Indonesia. Hal itu dijelaskan sendiri oleh sosok Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi.

Suporter memang masih menjadi salah satu poin penting dalam perkembangan sepak bola Tanah Air. Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, sampai berharap jika suporter mau bersatu padu demi kemajuan sepak bola Indonesia. Jelang digulirkannya kompetisi Liga Indonesia 2017 hal ini sangat diperlukan.

“Saya pribadi bersama semuanya masih berharap dan mendorong agar semua suporter mau bersatu untuk kemajuan sepak bola Indonesia,” ujarnya usai uji coba Persebaya vs PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Faktor kedewasaan suporter yang mendukung tim kesayangannya sekarang sudah cukup baik. Ia juga cukup optimistis jika antar suporter nantinya akan bisa bersatu lebih dewasa lagi dari sebelumnya.

“Saya ke Surabaya ini ikut melihat Persebaya bisa bermain dan disaksikan puluhan ribu Bonekmania yang benar-benar hebat dan dewasa,” puji sang Menteri.

Bukti sikap dewasa suporter menurutnya ada pada saat dinyalakannya puluhan “flare” di semua sudut stadion yang mengharuskan pertandingan dihentikan. Ada selama 90 menit sebanyak tiga kali wasit harus menghentikan sementara karena ulah tersebut.

“Pembawa acara sempat meminta agar semua flare dimatikan, dan tidak lama suporter mau mematikannya. Ya ini adalah tanda-tanda positif dan hebat yang mereka perlihatkan,” pungkasnya.

Bukan rahasia lagi jika sejumlah suporter di Indonesia masih berat untuk bersatu. Masih ada sejumlah konflik saat pertandingan yang mempertemukan tim tertentu, terlebih dengan jumlah massa dan rivalitas menahun.

Advertisement