Tiga Bek Kanan Incaran Barcelona di Bulan Januari 2017

  • Barcelona kemungkinan besar bakal ditinggalkan Aleix Vidal pada bursa transfer musim dingin Januari 2017 mendatang. Jika itu terjadi maka Barca hanya akan memiliki satu pemain di posisi bek kanan yaitu Sergi Roberto.

Darijo Srna

Liga Spanyol  - Tiga Bek Kanan Incaran Barcelona di Bulan Januari 2017

Barcelona kemungkinan besar bakal ditinggalkan Aleix Vidal pada bursa transfer musim dingin Januari 2017 mendatang. Jika itu terjadi maka Barca hanya akan memiliki satu pemain di posisi bek kanan yaitu Sergi Roberto.

Untuk mengantisipasi kekosongan pemain di posisi bek kanan, terutama bila Sergi Roberto cedera, maka tak ada pilihan lain bagi Barcelona kecuali harus mendatangkan pemain baru. Tidak perlu yang berkelas atau usia muda, tapi yang penting bisa memberikan solusi jangka pendek.

Ada tiga nama pemain yang kini dipertimbangkan Barcelona untuk diboyong pada Januari 2017 mendatang. Mereka adalah bek Juventus, Stephan Lichtsteiner, Darijo Srna dari Shakhtar Donetsk, dan pemain Valencia, Joao Cancelo. Ketiganya bisa tampil di Liga Champions.

Lichtsteiner dan Darijo Srna boleh dikatakan sudah veteran. Lichtsteiner akan berusia 33 tahun pada bulan Januari 2017 mendatang. Kontraknya di Juventus akan berakhir Juni 2017. Si Nyonya Tua siap melepasnya dengan harga yang sangat murah pada Januari nanti. Dia tak mendapatkan posisi lagi di Juve karena tergusur oleh Dani Alves.

Hal yang sama juga dapat dikatakan pada Srna. Mantan kapten Kroasia ini sudah berusia 34, dan kini berada di akhir karirnya. Dia telah menghabiskan 13 tahun terakhir bersama Shakhtar dan klub Ukraina itu siap membiarkannya pergi dengan cuma-cuma ke klub manapun dia suka sebagai balasan atas pelayanannya yang sangat baik untuk klub. Dari sisi permainan, Srna masih berada di level terbaiknya saat ini.

Kenapa Barcelona membidik dua pemain veteran ini? Alasannya sangat sederhana karena mereka hanya dijadiakan solusi jangka pendek untuk menjawab masalah kekurangan pemain di posisi bek kanan. Barca baru akan mencari bek kanan permanen pada musim panas 2017 mendatang. Salah satu target utama mereka adalah bek muda Arsenal, Hector Bellerin.

Tapi, untuk mengantisipasi kemungkinan gagal mendatangkan Bellerin, Blaugrana mengincar bek Valencia, Joao Cancelo. Pemain 22 tahun ini menjadi salah satu dari tiga bek yang dipertimbangkan Barca untuk dibeli pada Januari 2017 mendatang.