Barcelona Bikin Guardiola Gigit Jari

32

Berita Bola — Pupus sudah harapan Josep Guardiola untuk memboyong satu bintang Barcelona pada musim panas ini. Blaugrana sudah mengikat si pemain dengan kontrak panjang plus nilai pelepasan atau buy out clause selangit.

Berita Bola — Pupus sudah harapan Josep Guardiola untuk memboyong satu bintang Barcelona pada musim panas ini. Blaugrana sudah mengikat si pemain dengan kontrak panjang plus nilai pelepasan atau buy out clause selangit.

Seperti banyak diberitakan, Guardiola membutuhkan delapan pemain baru untuk menunjang skuad baru yang akan dibangunnya di Manchester City musim 2016-17. Menurut laporan The Mirror, hanya ada tiga pemain City yang dinilai Guardiola layak jadi starter timnya musim depan, yaitu Sergio Aguero, Kevin de Bruyne dan Fernandinho.

Guardiola memang identik dengan sepak bola tiki taka yang diterapkannya di Barcelona dan Bayern Munchen. Gaya bermain yang mengandalkan penguasaan bola itu butuh pemain ber-skill tinggi untuk menjalaninya. Guardiola melihat hanya tiga pemain City yang disebut di atas yang bisa beradaptasi dengan gaya itu.

Karena itulah pelatih asal Spanyol ini bakal merekrut setidaknya delapan pemain baru yang sejalan dengan gaya yang dia inginkan itu. Dan pemain-pemain Barcelona dan Bayern Muchen tentu jadi sasaran incaran si pelatih.

Salah satu pemain Barcelona yang paling diincarnya adalah Sergio Busquets. Gelandang jangkar ini merupakan salah satu pilar utama sukses Barcelona disamping Lionel Messi dan Andres Iniesta. Busquets memang diorbitkan pertama kali oleh Guardiola saat masih di Barca beberapa tahun lalu. Demi memberi tempat kepada si pemain, Pep ketika iturela membuang Yaya Toure yang kemudian hijrah ke Manchester City.

Sayangnya ambisi Guardiola untuk memboyong Busquets ke Etihad Stadium pada bursa transfer musim panas ini dipastikan gagal terwujud. Pasalnya, Barcelona baru menuntaskan negosiasi perpanjangan kontrak dengan si pemain. Gelandang timnas Spanaol berusia 27 tahun itu sepakat dengan kontrak berdurasi lima tahun di Camp Nou. Dengan kata lain, Busquets bersama Barca hingga Juni tahun 2021.

Selain sudah resmi mendapat kontrak baru, Barca juga memberikan klausul pelepasan atau buyout clause senilai 200 juta euro atau setara Rp 3 triliun untuk pemain jebolan akademi La Masia ini. Sebuah nilai transfer yang bakal memaksa Guardiola dan klub-klub peminat lainnya mundur teratur.