Jika Pique Jadi Presiden, Siapa Direktur dan Manajer Barcelona?

  • Bek Barcelona, Gerard Pique mengaku tidak ingin mengikuti jejak Pep Guardiola atau Louis Enrique yang memilih jadi manajer tim setelah pensiun. Pique punya ambisi yang lebih tinggi yaitu ingin menjadi Presiden Blaugrana.

Gerard Pique

Liga Spanyol  - Jika Pique Jadi Presiden, Siapa Direktur dan Manajer Barcelona?

Bek Barcelona, Gerard Pique mengaku tidak ingin mengikuti jejak Pep Guardiola atau Louis Enrique yang memilih jadi manajer tim setelah pensiun. Pique punya ambisi yang lebih tinggi yaitu ingin menjadi Presiden Blaugrana.

Dalam statuta terbaru Barcelona memang memungkinkan para mantan pemain untuk mencalonkan diri jadi presiden klub. Namun syarat pencalonannya adalah setelah si pemain pensiun atau gantung sepatu minimal dua tahun.

Menurut Diario Sport, Pique baru berpeluang mencalonkan diri sebagai presiden klub pada pemilu 2027, dengan asumsi tidak ada presiden klub yang digulingkan sebelum masa bakti enam tahunnya berakhir. Pemilu presiden Barca terdekat adalah pada 2021. Waktu itu, Pique masih aktif bermain.

Mengapa Pique ingin menjadi presiden, dan bukannya jadi manajer klub? Katanya dia tidak berbakat jadi manajer dan merasa tidak akan bisa menikmati posisi tersebut. Sebaliknya dia sangat senang menjadi presiden karena dia ingin membawa Barcelona menjadi klub yang lebih bagus lagi.

“Saya merasa diri saya kurang cocok sebagai seorang manajer. Saya merasa tidak akan menikmati pekerjaan itu,” kata Pique.

“Sedangkan sebagai presiden, saya bisa melakukan yang terbaik bagi klub ini, karena saya sangat menyukainya. Karir saya sebagai pemain akan berakhir satu hari nanti, dan langkah saya selanjutnya adalah ingin menjadi presiden Barcelona,” jelasnya.

Lantas siapa sosok yang akan dia angkat sebagai direktur klub, manajer (pelatih) tim, dan asisten pelatih jika dia pensiun nanti? Katanya, dia akan memilih Xavi sebagai manajer, Carles Puyol sebagai direktur olahraga, dan Sergio Busquets sebagai asisten pelatih.