Ex Barcelona Didiagnosa Kanker Paru-paru

Masih ingat Johan Cruyff? Pemenang Ballon d’Or tiga kali, ex pemain dan pelatih Ajax, Barcelona, dan Catalonia ini baru saja didiagnosa terkena kanker paru-paru, menurut laporan media-media Spanyol.

Johan Cruyff

Berita Liga Spanyol : Masih ingat Johan Cruyff? Pemenang Ballon d’Or tiga kali, ex pemain dan pelatih Ajax, Barcelona, dan timnas Catalonia ini baru saja didiagnosa terkena kanker paru-paru, menurut laporan media-media Spanyol.

Seperti dilansir Radio Catalunya dan RAC1, Cruyff dilaporkan baru saja mengetahui pada hari Selasa bahwa ia menderita penyakit itu.

Sang legenda Ajax, Barcelona dan tim nasional Belanda yang berusia 68 tahun ini tengah menjalani serangkaian pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan seberapa parah kankernya.

Hendrik Johannes Cruijff, lahir 25 April 1947, dikenal sebagai Johan Cruyff, adalah mantan pemain sepak bola profesional Belanda dan manajer, dengan sebagian besar waktunya menangani tim sepak bola Catalonia.

Sebagai pemain ia memenangkan Ballon d’Or tiga kali, pada tahun 1971, 1973 dan 1974, jumlah yang sama banyaknya dengan yang diraih playmaker Prancis Michel Platini dan striker Belanda Marco van Basten.

Cruyff adalah salah satu pemain pelaksana paling terkenal dari filosofi sepakbola Total Football yang ditemukan pertama kali oleh Rinus Michels, dan secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbesar dalam sejarah sepak bola.

Dia memimpin tim nasional Belanda ke final Piala Dunia FIFA 1974 dan menerima Golden Ball sebagai pemain terbaik turnamen itu.

Di level klub, Cruyff memulai karirnya di Ajax di mana ia memenangkan delapan gelar Eredivisie dan tiga Piala Eropa.

Pada tahun 1973 ia pindah ke FC Barcelona dengan biaya transfer yang memecahkan rekor dunia, memenangkan La Liga di musim pertamanya dan diberi pernghargaan Pemain Terbaik Eropa Tahun.

Setelah pensiun dari bermain bola pada tahun 1984, Cruyff menjadi sangat sukses sebagai manajer Ajax dan kemudian FC Barcelona; ia tetap seorang penasihat berpengaruh untuk kedua klub. Anaknya Jordi Cruyff juga melakoni kehidupan pemain sepak bola profesional.

http://gty.im/52014979

Sepakbola.cc