PSSI-Nya Spanyol Ngambek, La Liga Dihentikan

Berita Liga Spanyol: Asosiasi sepakbola Spanyol menghentikan semua pertandingan La Liga mulai 16 Mei mendatang karena marah dengan intervensi pemerintah. Namun, Barcelona mungkin justri diuntungkan dari sikap ngambek PSSI-nya Spanyol itu.

Berita Bola: PSSI-Nya Spanyol Ngambek, La Liga Dihentikan
Berita Bola: PSSI-Nya Spanyol Ngambek, La Liga Dihentikan

Berita Liga Spanyol: Asosiasi sepakbola Spanyol menghentikan semua pertandingan La Liga mulai 16 Mei mendatang karena marah dengan intervensi pemerintah. Namun, Barcelona mungkin justru diuntungkan dari sikap ngambek PSSI-nya Spanyol itu.

Federasi sepak bola Spanyol mengatakan mereka menangguhkan tanpa batas semua laga-laga akhir musim karena perselisihan dengan pemerintah, yang mencakup pula duit dari hak siar TV.

Sebuah pernyataan federasi (dalam bahasa Spanyol) mengatakan, mereka tidak senang dengan hanya menerima 4,55% dari pendapatan bersama hak siar TV, meskipun mengatakan mereka masih membuka diri terhadap dialog.

Semua pertandingan di La Liga dan divisi-divisi lain akan ditunda mulai dari 16 Mei, termasuk final piala domestik.

Di divisi teratas, Barcelona tengah memimpin La Liga dua poin jauhnya atas saingan Real Madrid, dengan hanya tiga pertandingan tersisa.

Dalam pernyataan itu, federasi RFEF mengatakan akhirnya melakukan tindakan ini setelah tiga bulan pembicaraan dengan pemerintah gagal untuk menyelesaikan sengketa tersebut.

Dikatakan lebih dari 600.000 pemain dan 30.000 pertandingan di seluruh negeri akan terpengaruh oleh skorsing pertandingan tersebut.

Namun, mereka juga menekankan: “Pada saat yang sama, dan sekali lagi, kami mengulangi tawaran dialog dengan pemerintah Spanyol.”

RFEF marah setelah pemerintah pekan lalu menyetujui undang-undang baru tentang perundingan bersama untuk hak siar TV.

Undang-undang itu – yang masih harus disetujui oleh parlemen – bertujuan untuk mengatur hak menyiarkan pertandingan di divisi pertama dan kedua Spanyol.

Penghentian laga mungkin justru menguntungkan Barcelona, yang dijadwalkan akan bertanding melawan musuh berat Atletico Madrid pada tanggal 17 Mei. Sebuah penundaan akan memberi masa istirahat lebih lama setelah laga leg kedua semi final Liga Champions yang akan berlangsung 12-13 Mei.

DAFTAR LAGA SESUDAH 16 MEI

17 Mei

Atletico Madrid vs Barcelona
Cordoba vs Rayo Vallecano
Deportivo La Coruna vs Levante
Elche vs Athletic Bilbao
Espanyol vs Real Madrid
Getafe vs Eibar
Real Sociedad vs Granada
Sevilla vs Almeria
Valencia vs Celta Vigo
Villarreal vs Malaga

23 Mei

Almeria vs Valencia
Athletic Bilbao vs Villarreal
Barcelona vs Deportivo La Coruna
Celta Vigo vs Espanyol
Eibar vs Cordoba
Granada vs Atletico Madrid
Levante vs Elche
Malaga vs Sevilla
Rayo Vallecano vs Real Sociedad
Real Madrid vs Getafe

30 Mei – Final Copa del Rey 

Barcelona vs Athletic Bilbao

Pemerintah Spanyol sejauh ini tidak membuat komentar publik atas pernyataan federasi.

“Asumsi awal adalah bahwa langkah ini diambil dalam upaya untuk mencegah pemogokan para pemain yang dirancang pada akhir pekan itu,” kata Andy West, seorang ahli sepak bola Spanyol.

“Pemain tidak puas dengan beberapa ketentuan kesepakatan, termasuk rendahnya persentase pendapatan yang ditawarkan ke klub dari liga-liga yang lebih rendah.”

“Masalah hak TV adalah isu lama dengan kebanyakan orang mengakui bahwa Barca dan Real menerima terlalu banyak pada saat ini. Menyelaraskan itu tidak mudah,” tambah West.

Sepakbola.cc