Terungkap Nistelrooy Ditendang Manchester United karena Ronaldo

Terungkap sudah teka-teki kenapa Manchester United membuang striker Ruud van Nistelrooy yang sedang berada di puncak permainannya pada 2006 silam. Bukan karena dia berseteru dengan Sir Alex Ferguson, tapi gara-gara Cristiano Ronaldo.

Liga Spanyol  - Terungkap Nistelrooy Ditendang Manchester United karena Ronaldo

Terungkap sudah teka-teki kenapa Manchester United membuang striker Ruud van Nistelrooy yang sedang berada di puncak permainannya pada 2006 silam. Bukan karena dia berseteru dengan Sir Alex Ferguson, tapi gara-gara Cristiano Ronaldo.

Siapa pun pasti setuju jika Nistelrooy merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki oleh Manchester. Selama lima tahun membela Setan Merah, atau pada periode 2001-2006, bintang asal Belanda total bermain sebanyak 219 kali dan mencetak 150 gol di segala ajang.

Namun sebuah keputusan mengejutkan dibuat manajemen Old Trafford pada musim panas 2006. Nistelrooy yang kala itu masih belum kehilangan ketajamannya, dijual ke Real Madrid. Banyak spekulasi yang mengatakan bahwa striker asal Belanda itu diusir lantaran berseteru dengan Sir Alex Ferguson.

Ternyata bukan perseteruan dengan Ferguson jadi penyebab Nistelrooy ditendang oleh MU. Menurut seorang jurnalis kenamaan Spanyol, Guillem Balague, alasan penjualan Nistelrooy yang sesungguhnya adalah karena mantan pemain PSV Eindhoven itu menendang Cristiano Ronaldo.

Diungkapkan Balague dalam kolomnya di The Telegraph yang berisikan biografi tentang Ronaldo, Nistelrooy tidak menyukai gaya bermain Ronaldo. Dia lebih suka pada David Beckham. Informasi itu didapat Balague dari pengakuan mantan bek MU, Rio Ferdinand. Katanya, Nistelrooy pernah menendang Ronaldo hanya gara-gara dia jarang diberi umpan silang oleh bintang asal Portugal itu.

“Saya tak bisa bermain dengan orang ini (Cristiano Ronaldo). Ia bahkan tak memberikan umpan crossing. Saya tak bisa mencetak gol karena ia tak akan mengumpankan bolanya,” tulis Balague, mengutip pernyataan Nistelrooy ketika itu yang disampaikan Ferdinand.

“Mereka sempat beberapa kali beradu argumen. Pada suatu saat Nistelrooy menendangnya dan setelah itu saya menendang Ruud hanya untuk sedikit melindungi Ronnie dan Ruud melontarkan pukulan pada saya dan pukulan itu tak mengenai saya,” cerita Ferdinand kepada Balague.

Sementara menurut Setanta Sports, Van Nistelrooy dan Cristiano Ronaldo berkelahi dalam sebuah sesi latihan pada 9 Mei 2006. Van Nistelrooy memarahi Cristiano Ronaldo karena tidak mengoper bola padanya, lalu mereka berkelahi.

Van Nistelrooy berteriak padanya, “Pergilah, menangislah pada ayahmu”, padahal ayah Ronaldo sudah meninggal dunia pada awal 2005. Menurut Van Nistelrooy, kata “ayahmu” maksudnya bukan ayah kandung, namun Carlos Queiroz, asisten Alex Ferguson, yang berasal dari Portugal.

Guillem pun menulis bahwa setelah kejadian tersebut, Nistelrooy langsung tak pernah bermain lagi bagi United. Dia kemudian dijual ke Real Madrid dengan harga 25 juta poundsterling.