Pemain Barca, Madrid, Atletico Siap Mogok 16 Mei

18

Berita Bola: Sayang sekali bahwa akhir musim Liga Spanyol harus diakhiri dengan pemogokan pemain. Apa yang akan kita tonton? Belasan pemain, termasuk dari Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid mengancam akan mogok bermain mulai 16 Mei mendatang, kecuali pemerintah Spanyol mengubah peraturan soal pembagian uang hasil hak siar televisi.

Liga Spanyol  - Pemain Barca, Madrid, Atletico Siap Mogok 16 Mei
Berita Liga Spanyol: Pemain Barca, Madrid, Atletico Siap Mogok 16 Mei

Berita Bola: Sayang sekali bahwa akhir musim Liga Spanyol harus diakhiri dengan pemogokan pemain. Apa yang akan kita tonton? Kini belasan pemain, termasuk dari Barcelona, Real Madrid dan Atletico Madrid juga ikut mengancam akan mogok bermain mulai 16 Mei mendatang.

Pemogokan bisa saja dihentikan jika pemerintah Spanyol mengubah peraturan soal pembagian uang hasil hak siar televisi.

Para pemain bintang sepak bola Spanyol tersebut, termasuk yang mewakili tim Barcelona dan Real Madrid pada hari Kamis mengeluarkan ancaman untuk mogok mulai dari tanggal 16 Mei, menuntut pembagian yang lebih adil dari kekayaan hak siar televisi.

Ancaman para pemain itu muncul setelah beberapa hari sebelumnya terbit ancaman dari federasi sepak bola Spanyol guna membatalkan laga-laga penting akhir musim. Puluhan pemain termasuk Andres Iniesta dari Barcelona dan Sergio Ramos serta Iker Casillas dari Madrid menjanjikan dukungan mereka untuk penghentian tersebut.

Mereka berdiri bahu-membahu pada sebuah konferensi pers oleh serikat pemain (AFE), dengan presidennya Luis Rubiales mengatakan, para pemain akan mendukung penghentian laga, kecuali pemerintah menegosiasikan ulang kesepakatan baru tentang duit hak siar televisi.

Maksud dari pembagian yang lebih adil adalah agar ada duit lebih banyak lagi bagi klub-klub divisi kedua dan ketiga Liga Spanyol.

Sebuah reformasi pemerintah sebulan silam, yang tengah menunggu persetujuan parlemen, akan mengakhiri sistem negosiasi satu-lawan-satu antara setiap tim dengan lembaga penyiaran dan mewajibkan setiap TV untuk mengajukan tawaran bagi mereka secara kolektif.

Pemerintah dan Liga Spanyol mengatakan itu akan membawa lebih banyak uang ke setiap tim dalam hal pendapatan televisi.

Barcelona dan Real Madrid, dua klub Spanyol terkaya dan paling sukses, saat mendapatkan jauh lebih banyak pendapatan televisi dari para pesaing mereka.

Dengan reformasi ini, 90 persen dari pendapatan hak siar televisi akan didistribusikan ke liga top dan 10 persen ke divisi dua.

“Kami menuntut perbedaan kecil dalam distribusi antara divisi pertama dan kedua, karena ini juga terjadi di tempat lain di Eropa,” kata Rubiales, menambahkan bahwa asosiasi juga ingin kesepakatan yang lebih baik untuk divisi ketiga.

Masih belum jelas seberapa besar kemungkinan penghentian itu akan berlanjut. Federasi sepakbola Spanyol RFEF dan asosiasi pemain meminta pemerintah untuk menegosiasikan hal itu sebelum batas waktu 16 Mei.