Kalah Pamor Dari Premier League, Klub La Liga Punya Kewajiban Baru!

Karena dirasa kalah pamor dari ajang Liga Inggris, kini ada aturan baru bagi semua klub yang berlaga di ajang Liga Spanyol! Disuruh ngapain lagi nih? Demi mengejar Liga Inggris, klub-klub Spanyol diwajibkan mengurusi kualitas lapangan dan rumput di stadion agar terlihat menarik bagi pemirsa televisi. Otoritas Liga Spanyol (LFP) benar-benar berniat mengejar ketertinggalannya dari Liga […]

Liga Spanyol

Karena dirasa kalah pamor dari ajang Liga Inggris, kini ada aturan baru bagi semua klub yang berlaga di ajang Liga Spanyol! Disuruh ngapain lagi nih?

Demi mengejar Liga Inggris, klub-klub Spanyol diwajibkan mengurusi kualitas lapangan dan rumput di stadion agar terlihat menarik bagi pemirsa televisi.

Otoritas Liga Spanyol (LFP) benar-benar berniat mengejar ketertinggalannya dari Liga Inggris dalam hal raihan jumlah pemirsa televisi.

Sebelumnya LFP menerapkan regulasi hukuman kepada klub yang jumlah penontonnya hanya 75 persen dari kapasitas stadion ketika disorot kamera kala pertandingan berlangsung.

Demi terhindar dari sanksi LFP, klub-klub Liga Spanyol kini sedang berusaha memindahkan para penonton untuk duduk di tribun-tribun tertentu yang disorot oleh kamera televisi sehingga terlihat penuh.

Lalu kemudian LFP pun meminta papan-papan iklan untuk tampil lebih terang agar terlihat mencolok bagi penonton di rumah sehingga tidak monoton.

Selain itu, aturan untuk membuat rumput terlihat lebih hijau pun diterapkan kepada klub-klub Liga Spanyol agar nyaman disaksikan.

Namun demikian, direktur marketing Liga Spanyol Adolfo Bara menilai cara tersebut demi mendapatkan jumlah pemirsa yang tinggi dan berimbas kepada pemasukan klub itu sendiri.

“Masalahnya dengan Spanyol adalah musim panasnya benar-benar panas. Jika anda lihat, pada beberapa stadion di bulan September, rumputnya telihat menguning. Kami sekarang meminta klub-klub untuk memastikan rumputnya terlihat hijau,” ujar Bara.

Langkah-langkah ini diambil agar terjadi kesetaraan dalam pembagian hak siar demi keadilan yang sebelumnya diminta oleh klub-klub Primera Division, selain Real Madrid dan FC Barcelona.

Pemerataan pembagian hak siar ini bertujuan demi menyelamatkan finansial klub dan juga menandingi Liga Inggris di pentas Eropa dengan mendatangkan pemain-pemain berkualitas yang berimbas dengan kompetitifnya Liga Spanyol.

Menurut Bara, pihaknya memang mengakui sedang mengejar ketertinggalan dari Liga Inggris.

“Anda lihat Liga Spanyol dan terkadang lampunya terlihat bagus dan terkadang tidak. Rumputnya terkadang terlihat hijau dan terkadang tidak pula. Masalahnya adalah ketidakkonsistenan,” tambah Barca.

“Bagi kami, sangat penting ketika seseorang menyaksikan pertandingan sepak bola Liga Spanyol. Mereka akan tahu ini pertandingan Liga Spanyol, terlepas tim mana saja yang bermain.”

“Langkah-langkah ini akan memakan waktu bertahun-tahun, tapi pada akhirnya kami akan bisa menyamai Liga Inggris,” tambah Bara, optimis.

Sepakbola.cc