Legenda Barcelona Samakan Neymar Dengan Luis Figo

Mantan kapten Barcelona, Xavi Hernandez mengatakan bahwa dia merasa heran dengan keputusan Neymar yang hengkang dari Barcelona

Neymar - PSG
Neymar - PSG

Mantan kapten Barcelona, Xavi Hernandez, merasa “aneh” dengan keputusan Neymar pergi dari Barcelona dan membandingkan hal itu dengan kepergian Luis Figo dari klub.

Neymar yang ikut memenangkan gelar Liga Champions bersama Xavi pada tahun 2015, memastikan kepindahannya dengan nilai transfer sebesar £ 198 juta (Rp 3,5 triliun) ke Paris Saint-Germain setelah empat tahun di Camp Nou.

Mantan kapten Barcelona Xavi menegaskan bahwa ini adalah sebuah kejutan bahwa Neymar memutuskan untuk pindah ke ibukota Prancis tersebut dan mengatakan, hal itu membangkitkan kenangan akan langkah kepindahan mengejutkan Figo ke rival Real Madrid pada tahun 2000.

“Itu adalah keputusannya dan Anda harus menghormatinya. Ini adalah pilihan pribadi pemain saat ini pindah ke tempat yang paling mereka inginkan,” Xavi memberi tahu koran Le Parisien. “Tapi tidak ada yang bisa membayangkan bahwa dia akan meninggalkan Barca.”

“Ini aneh bahwa seorang pemain tidak ingin tinggal di Barca. Ini sangat jarang. Sudah 17 tahun sejak Luis Figo pergi ke Real Madrid. Dan itu adalah pilihannya saat itu.”

“Saya tidak tahu bagaimana hal itu terjadi, jika ada pertemuan, percakapan … ada banyak interpretasi transfer rekaman ini.”

Pemain berusia 37 tahun, yang sekarang bermain untuk Al Sadd di Qatar, memenangkan delapan gelar La Liga dan empat Liga Champions bersama tim Nou Camp, serta Piala Dunia dan dua Kejuaraan Eropa dengan Spanyol.

Ia mengaku sempat terkejut melihat mantan rekan setimnya mengucapkan selamat tinggal kepada pendukungnya dengan pesan media sosial yang singkat.

“Saya mengerti fans Blaugrana kecewa karena Neymar tidak memberikan penjelasan. Dia meninggalkan Barca tanpa konferensi pers atau apapun, tapi hei, begitulah adanya.”

“Kami akan melihat apa yang bisa dia berikan kepada PSG, yang saya yakin adalah bahwa Barca tidak mengharapkan sebuah klub membayar klausul pelepasan € 222 juta (Rp 3,5 triliun). Sekarang mereka harus mengatur uang itu.”

Barcelona telah dikaitkan dengan kepindahan Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund sebagai pengganti Neymar dan Xavi percaya dia bisa sukses di Catalonia, jika kesepakatan bisa dilakukan, jika dia bisa menangani tekanan bermain untuk tim Ernesto Valverde.

“Dia pemain serbaguna dengan banyak kualitas fisik dan teknis, plus dia sangat cepat,” katanya.

“Dia akan memiliki seluruh masa depannya di depannya tapi dia harus menunjukkan bahwa dia memiliki kekuatan mental untuk klub yang menuntut seperti Barca. Pemain bagus saat ini bernilai jutaan.”

Sepakbola.cc