Madrid dan Barca Didenda Hak Siar TV

5

  Tak kurang Real Madrid, Barcelona FC, Sevilla, Racing Santander dan Mediapro akhirnya didenda dengan total sebesar 15 juta euro setelah terbukti melanggar aturan kontrak hak siar televisi. Total empat klub dan satu perusahaan televisi diselidiki oleh Komisi kompetisi Nasional (CNC) – yang sejak pertengahan 2012 menjadi Komisi Nasional Pasar dan Persaingan (CNMC) – yang […]

Liga Spanyol  - Madrid dan Barca Didenda Hak Siar TV

 

Tak kurang Real Madrid, Barcelona FC, Sevilla, Racing Santander dan Mediapro akhirnya didenda dengan total sebesar 15 juta euro setelah terbukti melanggar aturan kontrak hak siar televisi.

Total empat klub dan satu perusahaan televisi diselidiki oleh Komisi kompetisi Nasional (CNC) – yang sejak pertengahan 2012 menjadi Komisi Nasional Pasar dan Persaingan (CNMC) – yang telah menyetujui kontrak terkait hak siar untuk semua gelaran laga sepakbola di Liga Spanyol dan Copa Del Rey.

Kontrak multi-tahunan mereka telah dianggap melanggar aturan persaingan yang sehat sesuai resolusi April 2010 oleh CNC. Mereka juga dianggap gagal jamin hak siar pada laga Liga Spanyol dan Copa del Rey, kecuali laga final, yang dirilis ke pasar dengan peraturan yang sudah tercantum untuk menjamin persaingan yang efektif.

CNMC resmi putuskan bahwa kontrak tersebut memang telah melanggar aturan pertama dan ketujuh dari resolusi April 2010 yang dikeluarkan CNC (kemudian berganti CNMC pada 2012) dan telah diberi label sebagai pelanggaran yang sangat serius.

Buntutnya, masing-masing didenda dengan nominal yang beragam. Mediapro didenda 6,5 juta euro, Real Madrid 3,9 juta euro, Barcelona 3,6 juta euro, Sevilla 900 ribu euro dan terakhir Racing 300 ribu euro.

Semua hukuman denda ini memperhitungkan panjang kontrak yang sudah disepakati masing-masing pihak yang terkena dampak dan melanggar resolusi CNC pada April 2010.