Pep Guardiola Merusak Prinsip-prinsip Sepak Bola

38

Sepakbola – Mantan pemain Argentina menuding Pep Guardiola telah merusak prinsip-prinsip dasar sepak bola dengan filosofi tiki-taka yang dulu dimainkannya di Barcelona.

Liga Spanyol  - Pep Guardiola Merusak Prinsip-prinsip Sepak Bola

Gilabola.com – Mantan pemain Argentina menuding Pep Guardiola telah merusak prinsip-prinsip dasar sepak bola dengan filosofi tiki-taka yang dulu dimainkannya di Barcelona.

Mantan pemain Napoli dan Valencia Roberto Ayala menyatakan bahwa permainan tiki-taka Pep Guardiola telah “merusak” sepak bola karena memaksa bek bermain sebagai gelandang bertahan.

Roberto Ayala, yang pernah tampil untuk Napoli dan Valencia selain AC Milan, Villarreal dan Zaragoza selama karirnya, menghadapi Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola selama waktunya di Spanyol.

Mantan bintang Albiceleste berusia 43 tahun itu menjelaskan alasannya, bahwa meskipun ia mengagumi gaya sang pelatih Spanyol itu di Camp Nou, ia merasa cara bermainnya telah “merusak” permainan.

“Barcelona di bawah Guardiola adalah tim terbaik yang pernah kulihat dalam hidupku, tapi cara itu telah merusak sepak bola,” kata Ayala kepada media Argentina La Nacion.

“Sekarang, banyak bek yang ingin memainkan bola jauh ke depan seolah-olah mereka berada di Barcelona, ​​dan mereka tidak mampu. Mereka bukan gelandang bertahan.”

“Pertama Anda harus bertahan, untuk memberikan keamanan. Anda tidak bisa melupakan fakta bahwa tugas utama mereka itu adalah pemain bertahan.”

Roberto Ayala membuat 115 penampilan untuk Albiceleste dan tahu banyak bahwa rekan senegaranya dan kapten tim Argentina Lionel Messi sangat disakiti oleh kritik yang berasal dari negara asalnya.

“Saya membayangkan betapa kritik itu menyakitkan dia. Seorang pemain berjuang lebih baik dari tahun ke tahun dan belum mampu memenangkan apapun,” tambahnya.

Roberto Ayala bermain untuk Napoli pada periode 1995-1998 sebelum pindah ke AC Milan 1998-2000 dan kemudian ke Valencia selama tujuh tahun berikutnya, sebelum berpetualang di sejumlah tim Spanyol lainnya, dan akhirnya pulang ke Argentina.

Liga Spanyol  - Pep Guardiola Merusak Prinsip-prinsip Sepak Bola