Arsene Wenger: Jor-joran uang akan rusak sepakbola

  • Pelatih Arsenal Arsene Wenger miris dengan klub kaya yang mendatangkan bintang top dunia dengan nilai transfer dan gaji menggiurkan, cenderung tidak masuk akal. Dalam jangka panjang, kondisi ini justru akan merusak sepakbola. Klub kaya baru itu adalah Paris Saint-Germain (PSG), Chelsea, dan Manchester City. Mereka rela memboyong pemain dengan gaji jauh lebih tinggi dari standar […]

Pelatih Arsenal Arsene Wenger miris dengan klub kaya yang mendatangkan bintang top dunia dengan nilai transfer dan gaji menggiurkan, cenderung tidak masuk akal. Dalam jangka panjang, kondisi ini justru akan merusak sepakbola.

Klub kaya baru itu adalah Paris Saint-Germain (PSG), Chelsea, dan Manchester City. Mereka rela memboyong pemain dengan gaji jauh lebih tinggi dari standar gaji klub lain.

Arsenal sendiri cukup berhemat dalam mendatangkan dan menggaji pemain. Dengan mendatangkan Santi Cazorla dari Malaga dengan nilai transfer 16 juta pounds, total dana yang dikeluarkan Arsenal dalam musim transfer ini hanya 39 juta pounds.”Kami bukan klub kaya yang memiliki sumber dana tak terbatas,” kata Wenger.

Masuknya klub kaya baru seperti PSG, Chelsea dan Manchester City ke bursa transfer pemain membuat harga pemain tak rasional. “Lihat bursa transfer saat ini. Eropa seperti Titanic, tetapi sepakbola bukan dunia itu,” keluh Wenger.

Wenger mengatakan hutang besar yang membelit tim-tim sepakbola di Eropa adalah kesalahan mereka sendiri. “Kita harus bertanggung jawab,” kata Wenger. Klub boleh ambisius tetapi jangan sampai menyulitkan posisi finansial tim.

Jor-joran uang juga menyulitkan posisi Arsenal karena gaji pemain di klub lain lebih tinggi dari The Gunners. “Tetapi kualitas pemain kami sama dengan pemain klub lain,” ujarnya menghibur.