Carlo Ancelotti Ingin Liga Italia 18 Tim Saja

Pelatih Carlo Ancelotti sarankan agar Serie A diisi 18 tim saja, seperti yang terjadi pada musim 2003/04 lalu, agar bisa membantu Timnas Italia.

Masih ingin melatih klub, Carlo Ancelotti yang disebut-sebut akan jadi pelatih Timnas Italia yang baru, malah meminta jumlah peserta Serie A dikurangi dari 20 menjadi 18 tim saja.
Masih ingin melatih klub, Carlo Ancelotti yang disebut-sebut akan jadi pelatih Timnas Italia yang baru, malah meminta jumlah peserta Serie A dikurangi dari 20 menjadi 18 tim saja.

Carlo Ancelotti digadang-gadangkan sebagai pengganti Gian Piero Ventura yang dipecat usai gagal membawa Timnas Italia lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958.

Pada babak playoff kontra Swedia, Gli Azzurri gagal manfaatkan peluang untuk raih tiket ke Rusia tahun depan.

Selain pemecatan Ventura, presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC) Carlo Tavecchio pun mengundurkan diri di tengah-tengah kritik kerasnya atas komposisi skuad di laga playoff tersebut.

Walau difavoritkan untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Ventura, ternyata Ancelotti masih ingin melatih di level klub. Namun begitu, pelatih veteran itu tak segan-segan memberi saran agar dunia sepakbola Italia dan khususnya, Timnas Italia, menjadi lebih baik lagi.

“Federasi telah menghubungi saya, saya pun sudah bicara dengan mereka,” aku Ancelotti yang dipecat dari PSG pada September lalu, seperti dikutip dari La Domenica Sportiva.

“Saya berkata seperti yang saya ucapkan kepada Anda sekarang, bahwa saya merasa terhormat dengan banyaknya pihak yang inginkan saya tangani timnas,” tambahnya.

“Tetapi itu akan menjadi pekerjaan yang sama sekali berbeda. Menjadi pelatih timnas berbeda dengan melatih klub, dan saya masih ingin menikmati sesi latihan dan bekerja setiap hari,” tandas Ancelotti.

“Sepakbola Italia pun memiliki banyak masalah yang harus diselesaikan. Saya sadar adanya konflik kepentingan antara klub-klub dengan federasi, seperti yang juga terjadi di Jerman, Perancis dan Inggris,” ujarnya.

“Namun, saat ini, sepakbola Italia butuh federasi yang bertindak tegas terhadap klub dan terapkan aturan anyar untuk memperbaiki situasi yang ada,” ujar mantan manajer Chelsea dan AC Milan ini.

“Sebagai contoh, saya rasa Serie A akan mendapat untung besar jika ada pengurangan dari 20 tim menjadi 18 saja, dan saya tahu ada beberapa klub yang mau menerima hal itu,” tandasnya.

Sepakbola.cc