Hasil Juventus vs AC Milan, 23 Desember 2016

  • Hasil Juventus vs AC Milan – Laporan hasil pertandingan Juventus vs AC Milan di Jassim Bin Hamad Stadium (Al-Sadd Stadium), Doha, Qatar, pada Jumat malam WIB.

Supercoppa Italiana, Juventus, AC Milan, Juventus vs AC Milan

Hasil Juventus vs AC Milan – Laporan hasil pertandingan Juventus vs AC Milan di Jassim Bin Hamad Stadium (Al-Sadd Stadium), Doha, Qatar, pada Jumat malam WIB.

Liga Italia  - Hasil Juventus vs AC Milan, 23 Desember 2016

Dua raksasa Italia bertemu di Doha, Qatar, Jumat malam ini untuk laga Supercoppa Italiana atau Piala Super Italia. Laga ini secara tradisional mempertemukan juara Serie A dan juara Coppa Italia musim lalu, yang disandang masing-masing oleh Juventus dan AC Milan.

Pertandingan ini juga biasanya dilangsungkan pada awal musim, seminggu sebelum dimulainya kompetisi Liga Italia. Namun akhir-akhir ini dilangsungkan di bulan Desember. Dan apa yang istimewa pada penyelenggaraan kali ini adalah lokasinya yang dilakukan di sebuah negara Teluk, Qatar.

Pada akhir babak pertama Hasil Juventus vs AC Milan skor tercatat 1-1, dengan Juventus unggul lebih dulu melalui Giorgio Chiellini menit 18, sebelum dibalaskan oleh Milan pada menit 38.

Gol pertama pada pertandingan ini terjadi melalui satu sepak pojok. Chiellini menyambut satu tendangan sudut Miralem Pjanic dan sepakannya setinggi lutut menggetarkan jala gawang Donnarumma. Kejadian gol pertama ini berlangsung sangat cepat. Tayangan ulang harus diputar berulang-ulang untuk menemukan bahwa Chiellini bukan menggunakan kepalanya tapi mengangkat kakinya setinggi lutut dan membelokkan bola.

Sementara itu gol balasan terjadi melalui hasil tusukan Suso di sayap kanan, sebelum ia mengirim umpan silang dengan kaki kiri yang diterima oleh Giacomo Bonaventura, yang kemudian melepaskan tandukan melambung ke sisi kiri gawang, jauh dari jangkauan kiper Gianluigi Buffon.

Pertandingan Juventus vs AC Milan secara umum lebih didominasi Juventus dengan penguasaan bolanya mencapai 55% vs 45% dari Milan. Meski hanya satu gol tapi sebenarnya ada lima kali tembakan on target dari Bianconeri mengarah ke gawang Donnarumma. Bandingkan itu dengan hanya dua shot on target dari anak-anak Vincenzo Montella.

Dominasi Juventus juga terlihat dari tujuh sepak pojok yang mereka terima sepanjang babak pertama. Bandingkan dengan nol tendangan sudut untuk Milan.

Menit kedelapan Donnarumma sudah harus berkeringat menepis satu tendangan setengah voli dari Mario Mandzukic. Semenit kemudian si pemain Kroasia memiliki peluang emas, tapi penyelesaiannya sangat buruk.

Menit 12, masih harus kita tunggu permainan kombinasi dari Bonaventura dan Suso, tapi sejauh ini gagal membuahkan gol. Menit 13 satu penyelamatan hebat Donnarumma atas satu upaya oleh Sturaro. Serangan balik kilat oleh Milan setelahnya berujung pada Paletta dijatuhkan oleh Gonzalo Higuain.

Menit 18 Gol oleh Giorgio Chiellini. Berawal dari tendangan sudut oleh Pjanic, si pemain nasional Italia itu ada di posisi dan waktu yang tepat untuk membelokkan bola ke gawang lawan dengan menggunakan lututnya. 1-0!

Menit 28 pertandingan mulai panas dan terjadi tekel dari kedua tim beberapa kali.

Menit 40 Lichtsteiner beruntung tidak kena kartu merah. Pada satu duel udara ia menyikut muka Bonaventura, namun wasit Antonio Damato tidak bereaksi terhadap insiden tersebut. Sebelumnya di menit 35 ia sudah lebih dulu melakukan tekel kotor terhadap Bonaventura. Di menit ini ia terkena kartu kuning.

Gol menit 38 disambut meriah penonton, namun lebih karena dilakukan dengan penuh gaya. Suso menusuk masuk ke dekat area penalti sebelum melepaskan tendangan dengan kaki kiri ke depan gawang di mana berdiri Giacomo Bonaventura, mengirim satu tandukan melayang ke gawang. 1-1!

Babak kedua sudah dimulai. Nyaris Milan memperoleh peluang emas dengan Higuain mengirim satu colekan ke arah Sturaro tapi sang gelandang diakhiri dengan satu tekel. Menit 54 giliran Milan menyebabkan sejumlah kesulitan, sekali dua kali, dengan crossing dari sayap kanan.

Menit 58 NYARIS! Satu umpan dari Suso disambar oleh Alessio Romagnoli dan bola dengan keras membentur mistar gawang. Tapi gagal gol. Pasti berdebar Juventus melihat dobrakan yang baru saja terjadi.

Menit 60 NYARIS! Juventus membalas dengan Sami Khedira melepaskan satu tembakan keras dari jarak 25 meter. Seolah-olah akan mengoyak jala gawang Donnarumma tapi kiper muda itu berhasil menepis bola di saat terakhir dan amanlah gawang Milan.

Menit 62 dua serangan beruntun dari Milan. Pertama Suso berhasil melewati penjagaan Patrice Evra, sebelum Kucka mengirimpan satu umpan silang hebat tapi gagal mencapai Carlos Bacca. Mendebarkan!

Menit 76 mendadak saja entah dari mana Paulo Dybala masuk mendekati gawang lawan. Sayang sekali tembakan rendahnya meleset dari sisi tiang gawang. Sementara itu menit 84 satu umpan crossing Suso kembali menyebabkan kepanikan di kubu tim zebra. Ada Carlos Bacca di sana menanduk bola ke bawah dan memantul ke atas sebelum dicakar oleh Buffon guna diamankan. Menit 86 Suso SEKALI LAGI berhasil melewati Patrice Evra yang tampak kepayahan mengawalnya sebelum mengirim bola silang ke depan gawang. Tapi ada Lichtsteiner yang mengamankan bola.

Sisa 5-6 menit lagi. Dan akhirnya 90 menit waktu reguler berakhir dengan skor 1-1. Akan dilanjutkan dengan extra time selama 2×15 menit sebelum adu penalti, jika diperlukan.

Menit 93 NYARIS! Juventus dilindungi oleh dewa-dewa bola. Suso sekali lagi berhasil melewati pengawalan oleh Evra sebelum mengirim umpan ke depan gawang, yang disikat oleh Bonaventura tapi berhasil diblok Buffon. Bola jatuh ke depan Bacca tapi reaksinya terlalu lambat. Gagal gol.

Menit 97 sudah terlihat strategi Milan. Setiap kali mereka melakukan serangan balik, mereka mengirimkan bola ke arah Suso. Menit 100 satu tekel brilian dari Chiellini yang berhasil menghentikan serangan lawan, yang lagi-lagi dilakukan oleh Suso. Sekarang laga memasuki extra time babak 2.

Menit 111 Evra yang berkali-kali dipermalukan oleh Suso akhirnya menggetarkan jala gawang lawan. Tapi kegembiraan mereka hanya sesaat setelah melihat bendera offside berkibar lebih dulu. Menit 117 GAGAL GOL LAGI! Evra berhasil mengirim bola ke arah Dybala tapi pemain Argentina itu gagal mencolek bola. Menit 119 Juventus merasa marah setelah tak diberi penalti meski  De Sciglio terkena bola di lengannya.

Waktu habis! Kedua tim akan adu penalti untuk menetapkan pemenangnya.

  • Marchisio masuk 1-0
  • Lapadula gagal 1-0
  • Mandzukic gagal 1-0
  • Bonaventura gol 1-1
  • Higuain gol 2-1
  • Juraj Kucka gol 2-2.
  • Sami Khedira gol 3-2
  • Suso gol 3-3
  • Paulo Dybala gagal 3-3
  • Mario Pasalic 3-4

Skor Akhir Juventus vs AC Milan 1-1 (FULL TIME), 3-4 adu penalti

Gol: Chiellini 18′, Bonaventura 38′

Susunan Pemain Juventus vs AC Milan :

AC Milan : Donnarumma; Abate, Paletta, Romagnoli, De Sciglio; Kucka, Locatelli, Bertolacci; Suso, Bacca, Bonaventura
Cadangan: Gabriel, Antonelli, Gomez, Zapata, Honda, Mati Fernandez, Pasalic, Poli, Sosa, Lapadula, Luiz Adriano, Niang

Juventus : Buffon; Lichtsteiner, Rugani, Chiellini, Alex Sandro; Khedira, Marchisio, Sturaro; Pjanic; Mandzukic, Higuain
Cadangan: Neto, Audero, Barzagli, Benatia, Evra, Coccolo, Hernanes, Lemina, Asamoah, Cuadrado, Pjaca, Dybala