Jerman vs Italia: Fakta dan Data

Siapa yang bakal memenangi pertandingan semifinal Euro 2012 antara Jerman dan Italia, di Kiev, Ukriana, Jumat (29/6) dinihari WIB nanti? Ada baiknya Anda perlu menyimak fakta dan data pertemuan antara kedua tim sebelumnya, maupun rekor dan prestasi terkait kedua tim. Berikut ini sejumlah fakta dan data seperti dikutip dari BBC dan Reuters: <b>Head to head</b> […]

Liga Europa Liga Italia Liga Jerman  - Jerman vs Italia: Fakta dan DataSiapa yang bakal memenangi pertandingan semifinal Euro 2012 antara Jerman dan Italia, di Kiev, Ukriana, Jumat (29/6) dinihari WIB nanti? Ada baiknya Anda perlu menyimak fakta dan data pertemuan antara kedua tim sebelumnya, maupun rekor dan prestasi terkait kedua tim.

Berikut ini sejumlah fakta dan data seperti dikutip dari BBC dan Reuters:

<b>Head to head</b>
– Sepanjang sejarah kedua negara sudah bertemu 30 kali. Italia berhasil menang 14 kali, Jerman menang 7 kali, sembilan laga lainnya berakhir imbang. Terakhir kali mereka bertemu pada laga ujicoba Februari 2011 lalu yang berakhir imbang 1-1.

– Di kompetisi Piala Dunia dan Piala Eropa, kedua tim telah bertemu tujuh kali. Jerman tak pernah menang, seri empat kali, kalah tiga kali. Italia mengalahkan Jerman di semifinal Piala Dunia 1970 dan 2006, serta di final Piala Dunia 1982.

– Dua pertemuan terakhir mereka di Piala Eropa berakhir imbang: 1-1 di babak grup Euro 1988 dan 1-1 di fase grup Euro 1996.

– Kali terakhir Jerman menang terjadi 17 tahun silam, dengan skor 2-0 dalam laga persahabatan di Zurich, Swiss, pada 21 Juni 1995.

<b>Jerman</b>
– Menurut data UEFA, Jerman memenangi 15 pertandingan kompetisi terakhirnya, dan itu sebuah rekor dunia baru. Kekalahan terakhir mereka itu terjadi dua tahun lalu di Afrika Selatan, saat takluk 0-1 dari Spanyol di semifinal Piala Dunia 2010.

– Dari 15 pertandingan tersebut, Miroslav Klose dan Mario Gomez mencetak total 19 gol (Klose 10, Gomez 9).

– Sepanjang sejarah Piala Eropa termasuk Euro 2012, Jerman sudah tampil di semifinal Piala Eropa sebanyak tujuh kali, hanya satu kali gagal ke final, ketika kalah 1-2 dari Belanda di kandangnya sendiri pada Euro 1988. Secara keseluruhan, Jerman mencapai babak semifinal turnamen besar sebanyak 17 kali, hanya kalah enam kali.

– Menurut Opta, hanya Mats Hummels dan Sami Khedira pemain yang sudah melakoni empat pertandingan di Piala Eropa 2012 tanpa satu kali pun dilanggar pemain tim-tim lawannya.

<b>Italia</b>
– Dari 10 kali tampil di semifinal turnamen besar, Italia hanya gagal dua kali ke final. Pertama ketika kalah dari Uni Soviet di Euro 1988, lalu dari Argentina lewat adu penalti pada Piala Dunia 1990.

– Pada dua semifinal terakhir mereka di Piala Eropa, Italia selalu gagal mencetak gol. Di semifinal 1968 mereka lolos ke final berkat undian koin setelah bermain 0-0 dengan Uni Soviet. Di semifinal 1988 mereka kalah 0-2 di semifinal, juga dari Uni Soviet.

– Sepanjang keikutsertaan mereka di putaran final Piala Eropa, Italia bermain imbang 0-0 sebanyak delapan kali, terbanyak dibanding negara-negara lain.

– Dari empat pertandingan Italia cuma kebobolan dua gol. Mereka hanya kalah dari Spanyol yang hanya kemasukan satu dari lima laga. Dua gol gol yang bersarang ke gawang Gianluigi Buffon dicetak Cesc Fabregas (Spanyol) dan Mario Mandzukic (Kroasia) di babak penyisihan grup.