Napoli berhasil mematahkan rekor tak terkalahkan Inter Milan. Senin 3/3 dini hari tadi, tim asuhan Edy Reja ini mengandaskan Julio Cruz dkk dengan skor tipis 1-0.

Ini merupakan kekalahan pertama yang dialami sang jawara sementara Seri A, dalam 26 laga yang mereka lewati di musim ini. Hasil ini sekaligus memberi nafas baru dalam perebutan scudetto, karena dengan gagalnya Inter merebut poin penuh dan unggulnya peringkat dua AS Roma 4-0 atas Parma, Sabtu kemarin, kini jarak kedua klub kian dekat enam poin.

Padahal sebelumnya, skuad Roberto Mancini itu selalu bisa memperlebar jarak dan memperkokoh posisinya di puncak klasemen sementara.

Dalam laga dini hari tadi, Napoli telah memimpin jalannya pertandingan saat pertandingan baru berlangsung tiga menit. Tembakan Marcelo Zalayeta yang dihasilkan dari muntahan bola Ezequiel Lavezzi gagal dibendung kiper Inter, Julio Cesar.

Napoli bahkan punya peluang menambah skornya di pertengahan babak ke dua. Tetapi, hadiah penalti yang kembali berusaha dieksekusi Zalayeta gagal menambah perbendaharaan gol bagi tim tersebut.

“Ini hasil yang sangat memuaskan bagi kami dan suporter kami. Malam ini berkumpul 60.000 orang, yang memang mengharapkan hasil ini. Tim telah menemukan semangat dan kondisi fisik yang mendukung kami untuk menang,” tandas Edy Reja.

Dengan kekalahan ini, Inter yang tetap bertengger di posisi puncak, kini mengantongi poin 61. Sedangkan Napoli, yang meskipun sukses mematahkan ambisi Inter tapi tetap tertahan di peringkat 11, dengan membukukan poin 33.

Fiorentina kejar Juve
Sementara itu, pemain pengganti Pablo Osvaldo mencetak gol kemenangan bagi Fiorentina atas Juventus 3-2, tepat di saat injury time. Sayangnya, Osvaldo pula yang harus keluar lapangan usai mencetak gol, karena diganjar dua kartu kuning.

Sebelumnya, laga yang digelar di Turin itu diperkirakan bakal ditutup dengan skor imbang 2-2, tapi Osvaldo membuat manuver yang mengejutkan dan berhasil membobol gawang Buffon.

Tim tamu La Viola telah memimpin lebih dulu sejak di menit ke-19, melalui gol Massimo Gobbi. Skor menjadi imbang 1-1 setelah gelandang baru Juve, Mohamed Sissoko mencetak gol 10 menit kemudian.

Di awal babak kedua, Mauro Camoranessi menggenapi skor bagi tim Nyonya Besar. Tapi, tak undurnya perlawanan sang tamu juga kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2, melalui gol penyerang Senegal, N’diaye Papa Waigo, tepat di menit ke-75.

Melalui gol Osvaldo yang terjadi tepat di menit ke-90, Fiorentina kini berpeluang menggantikan posisi Juve di peringkat tiga klasemen sementara Seri, karena hanya terpaut satu poin. Awal pekan ini, Juve mengantongi poin 48, dan Viola 47 poin.

Kemenangan ini sekaligus memperlebar jarak Fiorentina dengan peringkat lima AC Milan, yang bermain imbang 1-1 melawan Lazio di San Siro akhir pekan kemarin.

Berikut ini hasil seluruh pertandingan Seri A, Minggu 2/3 hingga Senin 3/3 dini hari tadi:
Cagliari 2 – 1 Genoa
Empoli 0 – 2 Siena
Juventus 2 – 3 Fiorentina
Livorno 1 – 0 Catania
Reggina 0 – 0 Palermo
Sampdoria 2 – 2 Torino
Udinese 2 – 0 Atalanta
Napoli 1 – 0 Inter Milan (cha)