Spanyol-Italia, fakta bicara

24

Minggu malam WIB akan bertemu juara bertahan Euro 2008 Spanyol vs runner up Euro 2000 Italia. Siapa yang punya peluang menang lebih besar? Berikut ini adalah fakta dan angka jelang laga Euro 2012 di Grup C Spanyol vs Italia di Arena PGE, Gdansk, Polandia. Soal rivalitas keduanya, Italia masih unggul tipis delapan kemenangan vs tujuh […]

Liga Europa Liga Italia Liga Spanyol  - Spanyol-Italia, fakta bicara

Minggu malam WIB akan bertemu juara bertahan Euro 2008 Spanyol vs runner up Euro 2000 Italia. Siapa yang punya peluang menang lebih besar? Berikut ini adalah fakta dan angka jelang laga Euro 2012 di Grup C Spanyol vs Italia di Arena PGE, Gdansk, Polandia.

Soal rivalitas keduanya, Italia masih unggul tipis delapan kemenangan vs tujuh dengan 10 kali seri. Keduanya sudah bertemu di berbagai turnamen internasional tidak kurang dari enam kali sebelumnya dan Spanyol belum pernah menang di waktu reguler. Mereka harus mengalahkan Italia melalui adu penalti setelah bermain imbang 0-0 di perempat final Euro 2008, yang mereka menangkan trofinya.

Spanyol dan Italia pernah berlaga dua hari berturut-turut di putaran final Piala Dunia 1934 di Italia. Waktu itu adu penalti belum lazim, jadi setelah keduanya bermain imbang 1-1 di Florence, hari berikutnya tanding lagi dan Italia menang 1-0 untuk menjadi juara dunia pertama kalinya.

Spanyol kini adalah pemegang gelar juara Eropa dan juara dunia. Jika mereka bisa juara lagi 2012 ini maka La Roja akan menjadi tim pertama yang sukses mempertahankan gelar Eropa, dan yang pertama yang memenangkan tiga final utama berturut-turut setelah Euro 2008 dan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Mereka juga bisa menyamai rekor Jerman yang menyabet tiga kali gelar kejuaraan Eropa.

Sejak kekalahan mengejutkan mereka 1-0 dari Swiss di Piala Dunia dua tahun lalu, Spanyol telah memulai sebuah rekor 14 kemenangan berturut-turut di pertandingan kompetitif – enam di Piala Dunia dan delapan di kualifikasi Euro. Sejak awal 2007 rekor Spanyol dalam kompetisi Piala Dunia dan Euro sangat mengejutkan – dalam 40 pertandingan mereka telah memenangkan 37, draw dua kali dan kalah hanya sekali.

Namun perlu diingat bahwa Italia adalah satu dari empat timnas yang sukses menjungkirkan Spanyol usai gelar juara dunia 2010 lalu melalui laga persahabatan 2-1 di Bari, Agustus 2011. Tiga tim lainnya adalah Argentina, Portugal, dan Inggris.

Italia berangkat ke Polandia dengan kenangan akan tiga laga persahabatan yang seluruhnya berakhir dengan kekalahan. Itu pun tanpa satu kali pun mencetak gol. Gol terakhir ke gawang lawan mereka ukir Agustus 2011 saat laga vs Polandia, 2-0.