Manajemen Fiorentina siap menjual Christian Vieri pada akhir musim ini. Bahkan, La Viola akan segera melepas pemain berusia 34 tahun itu pada Juni nanti, bila mereka gagal ke Liga Champions musim depan.

Pemain yang sempat didera cedera berkepanjangan itu, sebelumnya sempat ditendang Atalanta di awal musim ini. Atalanta memilih untuk tidak memperbarui kontrak Vieri, dan kemudian menjualnya dengan harga murah ke Fiorentina dengan kontrak satu tahun.

Vieri sendiri sebenarnya sudah malang-melintang di banyak klub besar. Di antara AC Milan dan Juventus, bahkan klub Spanyol, Atletico Madrid. Tetapi belakangan, Vieri dinyatakan sebagai pemain supermalas.

Misalnya saja, saat dia meneken kontrak satu tahun di Sampdoria pada 6 Juli 2007. Hanya dalam waktu satu bulan, pihak klub mengakhiri kontraknya secara sepihak karena klub tak bisa mengandalkan Vieri yang ogah-ogahan dalam berlatih dan berlaga.

Ironisnya, saat Sampdoria menawarkan Vieri ke sejumlah klub yang pernah dibelanya, klub-klub itu pun – di antaranya Juventus – menolak kehadiran Vieri.

Vieri yang pernah bernafsu untuk mencoba liga di Eropa lainnya -dan akhirnya berlabuh di AS Monaco- juga tidak pernah bermain di klub Prancis tersebut. Dia bahkan kerap mangkir dari latihan, karena alasan kesehatan atau yang lainnya.

Kini, meski punya sedikit greget bermain di Fiorentina, klub kota Florence itupun akhirnya menyerah. Walau beberapa kali dimainkan, pihak klub melihat Vieri kurang bisa mengikuti irama permainan klub, apalagi untuk membantu Viola mengikuti kualifikasi Champions musim depan. Lalu, ke mana Vieri akan berlabuh (lagi)? (cha)