Bayern Munchen Ternyata Pernah Tolak Datangkan Neymar

  • Ketenaran Neymar saat ini mungkin sudah bisa disandingkan dengan bintang-bintang besar seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Neymar
Neymar

Ketenaran Neymar saat ini mungkin sudah bisa disandingkan dengan bintang-bintang besar seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, namun 7 tahun yang lalu siapa yang akan berpikir demikian?

Nama Neymar Jr saat ini terus menjadi headline berita di dunia sepakbola setelah kepindahannya dari Barcelona ke Paris Saint-Germain. PSG harus merogoh kocek sebesar € 222 juta ( Rp 3,5 trilyun) untuk membajak bintang Barcelona itu sesuai dengan klausal pelepasan sang pemain.

Dengan transfer tersebut, Neymar sendiri resmi menjadi pemain termahal sepanjang sejarah dan mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Paul Pogba (Rp 1,65 trilyun).

Namun ternyata Bayern Munchen memiliki kesempatan untuk mendatangkan Neymar dengan harga € 24 juta, bahkan jauh sebelum dirinya pindah ke Barcelona. Agen asal Kroasia, Predrag Racki, mengungkapkan bahwa dirinya berusaha memfalisitasi transfer tersebut pada tahun 2010 silam namun Bayern Munchen saat itu menolak harga yang diajukan.

“Itu terjadi pada bursa transfer Januari 2010 ketika Danny Budimir dari agen Golden Goal Sports & Marketing di Chicago menghubungi agen Neymar, Wagner Ribeiro,” ujar Racki pada wartawan.

“Dan pada saat yang sama, dengan bantuan teman saya Giovanni Trapattoni, saya mengatur sebuah pertemuan dengan direktur olahraga Bayern Munchen, Christian Nerlinger.”

“Pada saat itu Neymar masih berusia 17 tahun namun anda bisa menyebutnya sebagai seorang pemain papan atas, dengan teknik hebat, skill hebat, namun dia jauh lebih kurus dari dirinya saat ini.”

“Saya bertemu dengan Nerlinger di Munchen setelah berbicara dengannya dua kali melalui telfon. Dia mengatakan kepada saya bahwa mereka sudah tahu mengenai Neymar, salah satu talenta terbesar di dunia, namun mereka tak setuju dengan harganya saat itu, yaitu € 18 juta (Rp 283 milyar) ditambah beberapa bonus yang meningkat hingga € 24 juta (Rp 377 milyar).”

“Nerlinger mengatakan kepada saya bahwa dia akan terus mengikuti perkembangan Neymar namun Bayern tidak bersedia untuk mengeluarkan uang sebanyak itu untuk seorang pemain yang belum genap berusia 18 tahun.”

Setelah itu, seperti yang diketahu 3 tahun kemudian Neymar bergabung dengan Barcelona dengan biaya sebesar € 88,2 juta (Rp 1,39 trilyun), dan 4 tahun kemudian Neymar menjadi pemain termahal di dunia saat pindah ke PSG dengan biaya sebesar € 222 juta.