Ini Kelemahan Terbesar Pep Guardiola

  • Kemampuan Pep Guardiola sebagai pelatih sudah terbantahkan. Dia ahli dalam meracik skuat dan strategi di lapangan. Dari sisi prestasi dia pun sudah selevel dengan pelatih sekaliber Sir Alex Ferguson.

Kemampuan Pep Guardiola sebagai pelatih sudah terbantahkan. Dia ahli dalam meracik skuat dan strategi di lapangan. Dari sisi prestasi dia pun sudah selevel dengan pelatih sekaliber Sir Alex Ferguson.

Selama kariernya, Guardiola terkenal sebagai salah satu pelatih terbaik dunia setelah berhasil memenangi 14 gelar dalam empat tahun pertama menjadi pelatih.

Tapi ada satu kekurangan dalam diri Guardiola yang secara langsung maupun tidak langsung bisa mengganggu stabilitas tim. Apa itu? Yang pasti kekurangan itu tidak terkait soal teknis, tapi masalah di luar lapangan yang berkaitan dengan manajemen.

Seorang ahli sepakbola Jerman, Raphael Honigstein, kepada BBC Radio 5 Live, mengatakan bahwa Guardiola bukan tipe orang yang mudah diajak kerjasama. Guardiola juga dinilai kurang akrab dan sangat menjaga jarak dengan petinggi klub. Jarang ada komunikasi antara Guardiola dengan petinggi klub.

“Ia merupakan pelatih yang sulit dijangkau oleh banyak orang,” ujar Honigstein. “Mungkin ini alasan Bayern tak bisa bersikap hangat kepadanya walau mereka menghargai hasil kinerja sang pelatih.”

“Pep dikabarkan lebih sering mengirim asisten atau tangan kanannya ke pertemuan-pertemuan penting karena ia tak terlalu suka berbicara dengan orang banyak,” lanjut Honigstein memberi contoh tentang bagaimana miskinnya komunikasi di antara para petinggi klub dengan sang pelatih.