Borussia Dortmund Belanja Lagi, Kali Ini Raphael Guerreiro

38

Budget melimpah membuat Borussia Dortmund leluasa bermanuver di bursa transfer, kali ini bek kiri Raphael Guerreiro yang resmi merapat ke Signal Iduna Park

Sempat diisukan bakal menjadi pemain baru Liverpool di bursa transfer musim panas tahun ini, Raphael Guerreiro akhirnya lebih memilih meninggalkan Lorient untuk kemudian bergabung dengan Borussia Dortmund.

Bek kiri berdarah Portugal itu resmi dikontrak raksasa Bundesliga usai tanda tangani kontrak berdurasi empat tahun.

Pemain berusia 22 tahun tersebut belum diperkenalkan publik Dortmund karena masih bersama timnas Selecao di ajang Euro 2016. Tapi yang menarik adalah Guerreiro menyelesaikan tes medis dan negosiasi kontrak di Paris, bukannya di Jerman. Ini sekaligus menandakan betapa Die Borussen tidak ingin kehilangan bek bernomor punggung 5 itu.

Tidak ada angka resmi terkait proses transfer itu, namun ESPN meyakini bahwa uang senilai 12 juta Euro digelontorkan Borussia Dortmund demi amankan servis Guerreiro dari genggaman klub lain. Seperti diketahui, Liverpool dilaporkan sempat meminati bek kiri tersebut.

Kabar mengenai perekrutan ini dikonfirmasi langsung oleh Michael Zorc, direktur olahraga klub. Ia menyatakan betapa ia sangat mengagumi Perreira dan senang telah berhasil mendatangkannya dari Lorient.

“Raphael Guerreiro adalah pemain dengan teknik dan skill yang amat baik. Dia nyaman bermain di sejumlah posisi. Itu adalah nilai plus,” tegas Zorc seperti dilansir laman resmi klub.

Zorc kemudian menambahkan jika ia lega pemain incarannya itu lebih memilih Dortmund ketimbang klub lain, yang secara tidak langsung menyiratkan adanya ketertarikan dari klub lain terhadap Perreira.

“Kami semua, terutama saya, senang dan puas setelah mengetahui Perreira lebih memilih Borussia Dortmund.” tambahnya lagi.

Di sisi lain, tim yang kental dengan nuansa warna kuning itu memang diketahui tengah sibuk-sibuknya belanja pemain. Wajar saja mengingat mereka sudah kehilangan dua pemain andalannya, Ilkay Gundogan ke Manchester City dan Mats Hummels ke Bayern Munchen. Hasil penjualan keduanya dilaporkan membuat Dortmund memiliki budget tak kurang dari 62 juta Euro.

Dengan melimpahnya dana tersebut, tidak heran Borussia Dortmund leluasa memilih pemain-pemain yang mereka inginkan. Sejauh ini, total sudah 60 juta Euro yang digelontorkan untuk membeli enam pemain. Selain Perrerira, pemain-pemain yang sudah resmi dikontrak adalah Marc Bartra dari Barcelona dan Mikel Merino dari Osasuna.

Gelandang bertahan Munchen, Sebastian Rode juga sudah lebih dulu merapat ke Signal Iduna Park, markas Dortmund, serta dua pesepakbola muda belia Emre Mor dari Nordsjælland dan Ousmane Dembele dari Rennes.