Heynckes: James Rodriguez ‘Rahmat Illahi’ bagi Bayern

Penampilan apik James Rodriguez dipuji oleh pelatih Bayern Munchen Jupp Heynckes.
Penampilan apik James Rodriguez dipuji oleh pelatih Bayern Munchen Jupp Heynckes.

Pelatih Bayern Munchen Jupp Heynckes tidak segan-segan menyebut James Rodriguez sebagai rahmat Illahi karena tampil apik di Liga Jerman.

Gelandang serang Kolombia itu gagal masuk ke skuat Zinedine Zidane di Real Madrid sehingga dipinjamkan ke raksasa Bundesliga pada musim panas tahun lalu.

Awalnya Rodriguez kesulitan di Der Bayern kala Carlo Ancelotti masih menjadi pelatih tapi keberuntungannya berubah setelah Heynckes ditunjuk sebagai juru taktik hingga akhir musim.

Totalnya ia sudah mencetak empat gol dan enam assist dari 12 penampilan sebagai starter di Die Roten.

Walau Jupp Heynckes berharap James Rodriguez tampil lebih baik lagi, pelatih tertua di Eropa itu mengakui dampak yang diberikan mantan pemain AS Monaco tersebut.

Advertisement

“Sudah menjadi rahasia umum jika James tidak lagi puas (menjadi cadangan) di Madrid,” ujar Heynckes pada konferensi pers jelang laga kontra Paderborn di ajang DFB-Pokal.

“James tidak mendapatkan kesempatan bermain yang sepantasnya (di Madrid) bagi pemain sekelas dia, dan pantas untuk mendapatkan dia. James langsung memberikan dampak yang instan.”

“Bagaimana dia bermain dan berintegrasi, bagaimana dia tertawa kembali dan bersantai… Dia telah tiba di sini dan kerasan di kota Munich.”

“Dalam performa dia saat ini, tentu saja James menjadi rahmat Illahi bagi Bayern. Itu tidak mudah, (untuk bermain) di negara berbeda yang mempunyai budaya dan mentalitas yang berbeda pula, dan dia saat ini bermain cukup baik, bermain di level tertinggi tapi ia bisa lebih baik lagi.”

Saat ini Thiago Alcantara belum pernah merumput sejak cedera otot pada November silam dan Jupp Heynckes mengaku tidak ingin terburu-buru.

“Menyenangkan melihat Thiago melakoni sesi penyembuhan. Dia akan bisa ambil bagian di sesi latihan hari ini (Senin 05/02 waktu setempat) dan saya rasa dia akan bisa berlatih penuh pada Rabu nanti.”

“Saya akan berbicara kembali dengan tim doktor. Dia ingin bisa bermain secepat mungkin tapi kami tidak ingin mengambil resiko apapun.”

“Cedera tambahan akan buruk, sebab ia bisa menjadi elemen penting lainnya dalam permainan Bayern dan dia juga memiliki impian, bukan hanya bersama Bayern Munchen saja tapi bersama tim nasional Spanyol.”