Lacazette, Lukaku dan Deretan 10 Penyerang Termahal Premier League

Rampungnya transfer Alexandre Lacazette dan Romelu Lukaku jadikan keduanya masuk ke dalam jajaran 10 penyerang termahal sejarah Liga Inggris.

Romelu Lukaku
Romelu Lukaku

Rampungnya transfer Alexandre Lacazette dan Romelu Lukaku menjadikan keduanya masuk ke dalam jajaran 10 penyerang termahal sepanjang sejarah Liga Inggris.

Bursa transfer musim panas Liga Inggris tahun 2017 menghasilkan berbagai kejutan termasuk dua transfer mewah atas nama Alexandre Lacazette dan Romelu Lukaku.

Lacazette didatangkan Arsenal dari Lyon dengan biaya transfer sebesar £ 52 juta (Rp 900 miliar), sementara Manchester United harus memecahkan rekor transfer kedua klub [setelah Paul Pogba] saat mendaratkan Lukaku dari Everton dengan biaya sebesar £ 75 juta (Rp 1,3 triliun) sekaligus menjadikan Lukaku sebagai penyerang termahal di Liga Inggris.

Selain Lacazette dan Lukaku, ada beberapa nama penyerang yang masuk dalam daftar ini. Berikut daftar 10 penyerang termahal sepanjang sejarah Liga Inggris.

  • Romelu Lukaku – Everton ke Manchester United (2017 – £ 75 juta)

Transfer Lukaku ke Manchester United menjadi kejutan tersendiri di bursa transfer musim panas tahun ini. Lukaku sebelumnya selalu dihubungkan dengan kepulangannya ke Chelsea sementara United mengejar tanda tangan Alvaro Morata. Pada akhirnya Lukaku mendarat di Old Trafford dan Morata kini justru dihubungkan dengan Chelsea.

  • Alexandre Lacazette – Lyon ke Arsenal (2017 – £ 52 juta)
  • Arsene Wenger menepati janjinya saat memperpanjang kontra kepada pendukung Arsenal dengan mendatangkan seorang pemain bintang yaitu Lacazette. Penyerang asal Prancis itu berhasil meluluhkan Wenger agar bersedia mengeluarkan banyak uang untuk mendaratkannya di Emirates Stadium. Transfer tersebut sekaligus menjadikan Lacazette sebagai pemain termahal dalam sejarah klub.
  • Fernando Torres – Liverpool ke Chelsea (2011 – £ 50 juta)

Chelsea membuat gebrakan saat mendatangkan Fernando Torres jelang penutupan bursa transfer musim dingin tahun 2011. Transfer Torres saat itu menjadikannya sebagai pemain dengan transfer termahal. Meski demikian, karir Torres justru mengalami penurunan sejak saat itu dan kini ia kembali bermain di Liga Spanyol bersama Atletico Madrid.

  • Anthony Martial – AS Monaco ke Manchester United (2017 – £ 36 juta)

Banyak yang mengerutkan dahi ketika Manchester United berani berspekulasi ketika mendaratkan Martial ke Old Trafford pada musim panas tahun 2015 silam di saat usianya saat itu 19 tahun. Transfer Martial pada saat itu mencapai angka £ 36 juta namun berpotensi mencapai angka £ 58 juta karena dalam kontraknya terdapat klausal bonus senilai 7,2 juta pertahun selama empat tahun.

  • Andy Carroll – Newcastle United ke Liverpool (2011 – £35 juta)

Kepergian Torres ke Chelsea di bursa transfer musim dingin tahun 2011 silam membuat Liverpool bergerak cepat dengan mendatangkan Andy Carroll di waktu yang hampir bersamaan. Meski demikian, Carroll gagal memenuhi ekspektasi besar publik Anfield dan hanya bertahan selama dua musim sebelum akhirnya resmi pindah menuju West Ham.

  • Michy Batshuayi – Marseille ke Chelsea (2016 – £ 33,2 juta)

Batshuayi merupakan transfer perdana Conte saat dirinya resmi menjadi pelatih klub asal kota London tersebut. Didatangkan dari Marseille pada musim panas tahun 2016, Batshuayi gagal memperlihatkan kemampuan terbaiknya di musim perdana bersama Chelsea.

  • Christian Benteke – Aston Villa ke Liverpool (2015 – £ 32,5 juta)

Benteke menjadi pemain termahal kedua Liverpool setelah Andy Carroll saat Liverpool mendatangkan dari Aston Villa pada musim panas tahun 2015. Namun karir Benteke di Liverpool hampir serupa dengan Carroll dan ia hanya bertahan selama semusim sebelum hengkang menuju Crystal Palace.

  • Diego Costa – Atletico Madrid ke Chelsea (2014 – £ 32 juta)

Tampil apik  bersama Atletico Madrid di Liga Spanyol membuat Chelsea tak ragu untuk mendaratkannya di Stamford Bridge. Tak lama bagi Costa untuk membuat namanya dielu-elukan oleh para pendukung Chelsea dengan menjadi mesin gol utama klub. Meski demikian, sifat bengalnya kerap menjadi masalah dan kini ia dikabarkan akan segera dijual oleh pihak klub setelah berselisih dengan pelatih Antonio Conte.

  • Alexis Sanchez – Barcelona ke Arsenal (2014 – £ 31,7 juta)

Sanchez menjadi salah satu transfer sukses Arsenal. Sejak didatangkan dari Barcelona pada musim panas tahun 2014, penyerang asal Chile itu menjelma menjadi mesin gol andalan The Gunners. Namun kini masa depan penyerang berusia 28 tahun itu di Emirates Stadium masih tanda tanya dan Pep Guardiola disebut berkeinginan besar menduetkannya dengan Kun Aguero di Manchester City.

  • Andriy Shevchenko – AC Milan ke Chelsea (2006 – £ 30,8 juta)

Kedatangan Roman Abramovich yang mengambil alih kepemilikan Chelsea 2003 membuat klub asal kota London itu mendapatkan dana berlimpah untuk mendatangkan pemain. Shevcenko menjadi salah satu pemain bintang yang didatangkan di awal dinasti taipan minyak asal Rusia tersebut. Meski demikian, Shevchenko gagal memperlihatkan kemampuan yang sama saat membela Milan, dan ia hanya bertahan selama dua musim sebelum kembali ke Italia.

Sepakbola.cc