Aturan FA Terbaru Terkait Cedera Kepala

6

  Federasi Sepak bola Inggris (FA) dengan tegas mengeluarkan peraturan untuk melindungi para pemain yang terkena cedera kepala. Aturan FA terbaru terkait cedera kepala. Reuters merilis, FA tak mengizinkan bagi tiap pemain yang mengalami gegar otak atau kehilangan kesadaran untuk kembali tampil di dalam pertandingan. “Jika terdapat konfirmasi atau dugaan periode kehilangan kesadaran, seorang pemain […]

Liga Inggris  - Aturan FA Terbaru Terkait Cedera Kepala

 

Federasi Sepak bola Inggris (FA) dengan tegas mengeluarkan peraturan untuk melindungi para pemain yang terkena cedera kepala. Aturan FA terbaru terkait cedera kepala.

Reuters merilis, FA tak mengizinkan bagi tiap pemain yang mengalami gegar otak atau kehilangan kesadaran untuk kembali tampil di dalam pertandingan.

“Jika terdapat konfirmasi atau dugaan periode kehilangan kesadaran, seorang pemain harus dicoret dari lapangan permainan, dan tidak akan diizinkan untuk kembali,” rilis pernyataan FA.

Peraturan ini muncul setelah melihat peristiwa yang dialami Hugo Lloris pada musim lalu. Ketika timnya, Tottenham Hotspur bertemu Everton 3 November 2013, Lloris sempat tak sadarkan diri karena kepalanya terbentur kaki Lukaku.

Awalnya Lloris ditandu ke pinggir lapangan dan sempat akan digantikan dengan Brad Friedl. Namun ironisnya, Andre Villas-Boas yang ketika itu menangani Tottenham memutuskan tetap memainkan Lloris meski sang pemain terlihat kesakitan di bagian kepalanya.

Sontak saja insiden tersebut melahirkan pro dan kontra di kalangan pecinta sepakbola. Keputusan Villas-Boas dan Tottenham dianggap membahayakan keselamatan sang pemain.

“Kami senang melihat otoritas sepak bola telah memikirkan isu serius mengenai gegar otak. Pendekatan yang diumumkan hari ini merupakan langkah maju signifikan pada perlindungan para pesepak bola di semua level, dan oleh karena itu mendapat sambutan hangat. Pedoman di semua level, dari FIFA sampai ke FA dan Liga Utama Inggris aat ini tidak efisien dan tidak efektif,” ujar Peter McCabe, Ketua Eksekutif House of Commons (Dewan Rakyat Inggris Raya).

“Kejadian yang dialami pemain Spurs, Hugo Lloris yang diizinkan untuk kembali ke lapangan meski menderita cedera kepala serius akibat benturan dengan pemain Everton, Romelu Lukaku benar-benar mengejutkan. Sejak itu, terdapat sejumlah contoh lain pedoman FIFA dan FA yang telah dilanggar, termasuk dua insiden di Piala Dunia,” tambahnya lagi.

Pada Piala Dunia 2014 lalu hal serupa juga terjadi. Alvaro Pereira (Uruguay) dan Javier Mascherano (Argentina) tetap dimainkan meski keduanya mengalami cedera kepala yang cukup parah.