Chelsea Ketinggalan, Belum Bisa Juara Champions Musim Depan

  • Berita Bola: Jose Mourinho berhasil dengan taktik serangan balik kilatnya saat membawa Inter Milan menjuarai Liga Champions tahun 2010, tapi taktik itu kian hari kian usang, terbukti ia malah tersingkir ketika menerapkannya saat melawan 10 pemain Paris Saint-Germain.

Gelandang Chelsea Danny Drinkwater dikritik oleh mantan manajernya, Craig Shakespeare, atas transfernya dari Leicester City musim panas ini.
Liga Inggris  - Chelsea Ketinggalan, Belum Bisa Juara Champions Musim Depan
Berita Liga Inggris: Chelsea Ketinggalan, Belum Bisa Juara Champions Musim Depan

Berita Bola: Jose Mourinho berhasil dengan taktik serangan balik kilatnya saat membawa Inter Milan menjuarai Liga Champions tahun 2010, tapi taktik itu kian hari kian usang, terbukti ia malah tersingkir ketika menerapkannya saat melawan 10 pemain Paris Saint-Germain.

Hal ini disampaikan oleh legenda Manchester United Paul Scholes dalam kolomnya di harian The Independent Inggris, menanggapi kebangkitan kembali Chelsea sebagai juara Liga Inggris di musim 2014/2015 ini.

Ia menulis begini:

Ini telah menjadi musim yang sangat mengesankan bagi Chelsea untuk memenangkan gelar dengan tiga pertandingan tersisa, dan tidak ada keraguan bahwa mereka adalah tim terkuat di Liga Premier saat ini. Tapi apa langkah berikutnya untuk Jose Mourinho?

Dia sudah merebut gelar juara Liga Inggris sama banyaknya dengan Bill Shankly dan Arsene Wenger sekarang, tapi kita yakin bahwa ia bukan jenis manajer yang membangun klub sedemikian rupa sampai ia akan tetap berada di satu tempat selama lebih dari lima musim.

Akan adil untuk mengatakan bahwa tim Chelsea yang ia bangun pertama kalinya telah terus memenangkan piala lama setelah dia pergi. Namun, ujian di Chelsea adalah apakah ia dapat membawa para pemain muda dan meninggalkan jejaknya pada klub dengan cara sama seperti yang Sir Alex Ferguson lakukan di Manchester United.

Kita tahu Mourinho dapat memenangkan gelar liga – dia sangat brilian untuk itu – tapi berapa lama dia bisa melakukannya pada satu klub terus menerus?

Semua itu tergantung pada cara dia bermain sepakbola. Lazimnya, perkembangan tim-tim top berarti bahwa sekali Anda telah memenangkan gelar liga, langkah alami berikutnya adalah mencoba untuk memenangkan Liga Champions.

Saya percaya bahwa musim depan Liga Champions akan menjadi prioritas tertinggi Chelsea di bawah Mourinho. Untuk melakukannya, ia harus melakukan yang terbaik dan yang terbaik dalam melihat jauh ke depan dibandingkan klub-klub top Inggris lainnya.

Saya berada di Turin untuk leg pertama Juventus v Real Madrid dan saya menyaksikan Barcelona melewatkan tiga gol terhadap Bayern Munich pada Rabu malam. Keempatnya adalah tim yang jauh lebih baik daripada tim mana pun yang ada saat ini di Inggris, termasuk Chelsea.

Kita tahu bahwa Mourinho di masa lalu telah terbukti mampu mengalahkan tim yang jauh lebih kuat dengan cara main bertahan dan memukul mereka pada serangan balik kilat. Dia melakukannya dengan sangat baik ketika Internazionale memenangkan Liga Champions pada tahun 2010. Tapi semakin kemari taktik itu kian sulit untuk dijalankan.

Liga Inggris  - Chelsea Ketinggalan, Belum Bisa Juara Champions Musim Depan
Berita Liga Inggris: Chelsea Ketinggalan, Belum Bisa Juara Champions Musim Depan

Melawan Paris Saint-Germain ia mencoba sesuatu yang mirip dan tersingkir pada gol tandang, padahal memainkan sebagian besar leg kedua di kandang dengan hanya melawan 10 orang. Seperti saya katakan, adalah berisiko untuk bermain sekonservatif seperi Chelsea malam itu. Kemudian PSG tersingkir pergi oleh Barcelona di babak berikutnya. Fakta itu memperlihatkan pada Chelsea seberapa jauh mereka ketinggalan saat ini ketika menyangkut sepak bola elit Eropa.

Itu bermuara pada pertanyaan, bagaimana cara yang digunakan oleh Mourinho untuk memenangkan Liga Champions?

Tidak ada satu pun manajer puncak yang memiliki satu resep tunggal ajaib cara bermain. Tampaknya saat ini tidak ada satu pun klub Inggris yang bisa bersaing dengan tim-tim seperti Barcelona, ​​Real Madrid, Bayern Munchen atau bahkan Juventus, dan mendominasi permainan dalam artian tradisional.

Kemudian Anda bertanya pada diri sendiri, jenis sepak bola apakah yang diinginkan Roman Abramovich? Kami semua mendengar terakhir kali Mourinho di klub mengatakan, bahwa pemilik ingin timnya bermain seperti Barcelona.

Memenangkan liga untuk ketiga kalinya di periode kedua di klub adalah prestasi besar bagi Mourinho. Sekarang dia akan mencoba bertarung di level Eropa dan bertanya-tanya bagaimana ia mengalahkan mereka. Dan itu akan menjadi jauh lebih sulit.